Jumat, 07 September 2012

Pengertian dan Prinsip Kesetimbangan Kimia


1.       Reaksi kesetimbangan

Reaksi kimia dapat di kelompokkan menjadi reaksi satu arah dan reaksi dua arah. Reaksi satu arah adalah reasi kimia yang hasil reaksinya tidak dapat berubah kembali menjadi pereaksinya. Contohnya, reaksi pembentukkangas karbon dioksida yang di hasilkan dari reaksi antara karbon dan gas oksigen. Karbon dioksida yang tebentuk tidak dapat kembali menjadi karbon dan oksigen.
Adapun reaksi dua arah merupakan kebalikan dari reaksi satu arah. Pada reaksi dua arah, hasil reaksinya dapat berubah kembali menjadi pereaksinya. Reaksi dua arah di sebut juga reaksi bolak balikreaksi dapat balik, atau reaksi kesetimbangan karena membentuk suatukesetimbangan. Contohnya, reaksi pembentukkan terumbu karang(CaCO3) yang di hasilkan dari reaksi antara ion kalsium dan gas karbon dioksida. Terumbu karang yang terbentuk dapat larut kembali menjadi ion kalsium dan gas karbon dioksida. Pada reaksi kesetimbangan, di kenal istilah reaksi ke kanan (reaksi maju / pembentukan) dan reaksi ke kiri(reaksi balik/pembalikan).
2.       Kapan suatu reaksi mencapai kesetimbangan ?
Suatu reaksi kimi adu arah mencapai kesetimbangan jika kedua proses yang berlawanan terjadi dengan laju yang sama. Artinya, laju reaksi ke kanan sama dengan laju reaksi ke kiri sehingga tidak terjadi lagi perubahan bersih dalam sistem pada kesetimbangan . definisi inilah yang di sebut dengankesetimbangan dinamis


Pada suatu kesetimbangan kimia, ikatan-ikatan akan terputus atau terbentuk seiring dengan maju mundurnya atom-atom  di antara molekul-molekul reaktan dan produk. Jika konsentrasi awal reaktan besar, tumbukan antara molekul-molekulnya akan membentuk molekul-molekul produk. Sesudah konsentrasi produk tersebut cukup banyak, reaksi kebalikannya (pembentukan “reaktan” dari “produk”) mulai berlangsung.
Saat mendekati keadaan kesetimbangan, kecepatan reaksi ke kanan dan ke kiri akan sama dan praktis tidak terjadi lagi perubahan yang dapat di amati dan di ukur sehingga tidak ada perubahan makrokropis. Pada keadaan sebenarnya, terjadi reaksi terus-menerus pada kedua arah (dinamis) dan pada saat itulah keadaan setimbang tercapai dengan laju kedua reaksi yang sama

V= V2
“kecepatan reaksi ke kanan = kecepatan reaksi ke kiri”

*agar lebih jelasnya saya ibaratkan kesetimbangan dinamis dengan perpindahan penduduk suatu desa ke desa lain. Kesetimbangan tercapai apabila pada waktu bersamaan, jumlah penduduk yang pindah dari desa A ke desa B sama dengan jumlah penduduk yang pindah dari desa B ke desa A sehingga Jumlah penduduk di kedua desa tersebut tidak berubah.

3.       cara menuliskan persamaan reaksi kesetimbangan
Persamaan reaksi kesetimbangan kimia dapat di tuliskan dengan mencantumkan panah bolak-balik(). Panah tersebut menyatakan bahwa reaksi berlangsung dua arah.
Reaksi ke arah kanan di sebut reaksi maju dan reaksi ke arah kiri di sebut reaksi balik. Berikut contoh-contoh penulisannya.
Ø  Reaksi penguapan air menjadi uap air dan kondensasi Uap air menjadi air.
-          Reaksi penguapan air menjadi uap air
H2O (l H2O (g)
-          Reaksi kondensasi uap air menjadi air
H2O (g)  H2O (l)
-          Reaksi kesetimbangan
H2O (lH2O (g)
Ø  Reaksi pembentukkan dan pelarutan koral
-          Reaksi pemebntukkan koral
CaO (aq) + CO2 (g CaCO3 (s)
-          Reaksi pelarutan koral
CaCO3 (s→ CaO (aq) + CO2 (g)
-          Reaksi kesetimbangan
CaO (aq) + CO2 (g CaCO3 (s)
4.       Jenis-jenis reaksi kesetimbangan
Berdasarkan fasa zat-zat yang terlibat dalam reaksi, kesetimbangan kimia dapat di kelompokkan menjadi kesetimbangan homogen dankesetimbangan heterogen. Apakah perbedaan antara dua jenis kesetimbangan kimia tersebut ?
Kesetimbangan homogen adalah reaksi kesetimbangan yang zat-zat terlibat dalam reaksi, memiliki fasa yang sama. Umumnya, kesetimbangan homogen merupakan reaksi-reaksi gas.
2HI (g H(g) + I2 (g)
Kesetimbangan heterogen adalah reaksi kesetimbangan yang zat-zat terlibat dalam reaksi memiliki fasa yang berbeda.
La2(C2O4)3 (s La2O3 (s) + 3CO (g) + 3CO2 (g)
ke artikel lain yang satu bahasan :-  kesetimbangan kimia dalam tubuh manusia
                                                       -  
kesetimbangan kimia dalam dunia Industri
                                               -  
katalitik Konverter dan cara kerjanya




Artikel Terkait:

Pesan Untuk Pengunjung

Jangan lupa sholat, beramal sholeh, dan zakat - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Ilmu tidak bisa di dapat dengan badan yang santai

link otomatis