Selasa, 16 Oktober 2012

CARA Meningkatkan Daya Ingat



Meningkatkan Daya Ingat
Banyak benan pikiran dan bertambahnya bobot pekerjaan seringkali membuat kita lupa akan hal-hal kecil dan sukar mengingat. Untuk itu perlu adanya daya ingat yang kuat yakni dengan:

1. Latihan
Latihan memori atau ingatan dengan kegiatan yang mampu meningkatkan daya ingat, misalnya dengan mengisi teka-teki silang dan sebagainya.
2. Relaksasi
Kendorkan ketegangan seluruh oto tubuh sebelum mempelajari sesuatu yang baru. Relaksasi oto dipercaya dapat mengurangi kecemasan yang sering dirasakan seseorang ketika berusaha mempelajari hal baru.
3. Jaga Kesehatan
Mulailah gaya hidup sehat dengan cara berolahraga teratur. Semakin sehat tubuh kita, semakin kuat pula daya ingat kita.
4. Pola Makan
Perbanyak makan yang banyak mengandung riboflavin, thiamine, dan vitamin B yang dapat meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat. Atur pula pola makan dengan cara makan secukupnya, kurangi lemak, perbanyak minum air putih dan konsumsi makanan yang banyak mengandung omega-3, karbohidrat dan anti oksidan (contohnya buah-buahan).
5. Istirahat Cukup
Kurang tidur dapat mengurangi kemampuan seseorang untuk mengingatkan informasi yang kompleks. Otak memerlukan tidur untuk mempertahankan kemampuan mengingat informasi yang kompleks.
6. Kurangi Stress
Stress akan menyebabkan tubuh memproduksi cortisol, yang akan melemahkan ingatan dan memperkecil ukuran otak tengah yang menjadi pusat memori manusia
7. Libatkan emosi
Peningkatan ingatan tentang suatu kejadian terkait erat dengan peningkatan emosi. Pengalaman yang melibatkan emosi akan lebih mudah diingat daripada pengalaman biasa.
(dari berbagai sumber & Harian Bisnis Jakarta, edisi 25 Agustu 2008)


Artikel Terkait:

Pesan Untuk Pengunjung

Jangan lupa sholat, beramal sholeh, dan zakat - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Ilmu tidak bisa di dapat dengan badan yang santai

link otomatis