Jumat, 19 Oktober 2012

Manfaat Buah Pepaya

Manfaat Buah Pepaya bagi tubuh manusia sangat banyak. Jadi, jangan pernah anda meremehkan buah yang biasanya sering dijumpai di pekarangan rumah ini. Bahkan tak hanya dalam buahnya saja, daun pepaya pun bisa dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional. Diantara fungsi daun pepaya adalah untuk memperlancar asi, obat jerawat, memperlancar pencernaan, meningkatkan nafsu makan, mengobati demam berdarah, dan juga sebagai anti kanker. Mengenai cara penggunaan daun pepaya untuk pengobatan insyaallah akan saya bahas pada postingan berikutnya, karena dalam postingan ini saya akan fokus membahas mengenai manfaat buah pepaya.

Berikut adalah beberapa manfaat pepaya bagi kesehatan :


1. Pepaya adalah buah yang rendah kalori namun mengandung banyak gizi, jadi sangat baik untuk dikonsumsi bagi yang sedang dalam program diet
2. Kulit pepaya ternyata mampu membantu penyembuhan luka di kulit
3. Buah ini kaya akan anti-inflamasi dan anti kanker
4. Bisa dimanfaatkan untuk detoksifikasi, yaitu mengeluarkan racun-racun yang terdapat dalam tubuh. Caranya dengan mngonsumsi buah pepaya segar dalam jumlah cukup
5. manfaat lain adalah bisa berguna bagi mereka yang mengalami masalah gangguan pencernaan dan sembelit
6. meningkatkan daya tahan tubuh karena pepaya banyak mengandung vitamin C
7. bagi penderita diabetes, kandungan serat dalam buah pepaya mampu mencegah peningkatan kadar gula dalam darah
Sedangkan yang berikut ini manfaat buah pepaya untuk kecantikan :
1. mengonsumsi buah pepaya dapat membantu pertumbuhan rambut dan menghambat munculya ketombe
2. dapat mencegah penuaan dini. Ini karena mengandung banyak unsur yang mampu membantu memerangi radikal bebas, karena radikal bebas itu sendiri adalah penyebab timbulnya penuaan dini.
3. untuk memutihkan kulit, caranya ambil buah pepaya muda (belum terlalu matang dan masih bertekstur keras) lalu parut dan tambahkan beberapa tetes jeruk nipis. Ratakan campuran parutan pepaya dan tetesan jeruk nipis kemudian oleskan pada bagian tubuh yang ingin anda putihkan, ulangi hal tersebut minimal 1 minggu sekali sampai mendapatkan hasil yang diharapkan.
4. menghilangkan bekas jerawat. Ini karena pepaya mengandung papain, yakni enzim yang dapat mengurangi peradangan. Caranya adalah haluskan buah pepayaa lalu pakailah sebagai masker wajah, biarkan mengering selama 15-20 menit kemudian cuci dengan air bersih. Lakukan secara rutin sampai mendapatkan hasil yang maksimal.
Sebenarnya mungkin manfaat atau khasiat buah pepaya bisa lebih banyak lagi dari yang saya sebutkan di atas karena buah ini memang mengandung zat gizi yang cukup komplit. Dan seperti yang saya katakan pada paragraf pertama bahwa tak hanya buahnya saja, akan tetapi kulit, daun, dan akarnya pun memiliki khasiat bagi tubuh manusia. Sungguh mengagumkan karunia yang diberikan oleh tuhan melalui buah pepaya ini. Patut kita mensyukuri dan menjadikannya sebagai apotek hidup di pekarangan rumah.

http://shelvyramadhani.blogdetik.com/2012/07/05/manfaat-buah-pepaya/

sumber lain

Manfaat Buah Pepaya

Manfaat buah pepaya buat kesehatan, sudahkah anda mengetahuinya? Buah yang harganya murah dan mudah ditemukan di pasaran ini ternyata selain rasanya nikmat dan segar juga menyimpan berbagai macam kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Pepaya merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi masyarakat karena rasanya yang manis dan segar, selain itu bisa diolah dalam berbagai macam makanan, jajanan maupun minuman. Pepaya seringkali dijadikan campuran dalam es buah segar. Dalam masyarakat indonesia buah yang satu ini memang sangat cocok dengan selera.
Pepaya sebenarnya berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan dan kini sudah menyebar di seluruh dunia terutama negara-negara beriklim tropis. Di jawa buah ini disebut dengan nama “kates” sedangkan di sunda disebut dengan “gedang”.
Bagi masyarakat jawa, buah pepaya yang masih muda dan hijau diolah menjadi masakan dalam bentuk oseng-oseng.
Beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari buah pepaya :
1. Sangat baik bagi anda yang sedang dalam program diet karena memiliki banyak kandungan gizi dan rendah kalori
2. Kulit pepaya dapat dimanfaatkan untuk membantu penyembuhan luka di kulit
3. Kaya akan kandungan anti-inflamasi dan anti kanker
4. Bisa mengatasi masalah sembelit dan gangguan pencernaan karena kandungan seratnya yang cukup tinggi
5. Meningkatkan daya tahan tubuh karena kaya akan kandungan vitamin C
6. Mampu mencegah peningkatan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes
7. Membantu pertumbuhan rambut dan menghambat munculnya ketombe
8. mencegah penuaan dini karena kaya akan kandungan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas
Dan juga manfaat buah pepaya bagi kesehatan yang lainnya. Dengan mengonsumsi pepaya kita ibaratnya sekali mendayung 2,3 pulau terlampaui. Selain pepaya memiliki rasa yang enak juga mampu menghilangkan dahaga dengan kesegarannya, memperkuat daya tahan tubuh, mencegah penuaan dini dan mampu menjaga kecantikan kulit. Dengan begitu apalagi alasan untuk tidak memasukkan pepaya dalam menu harian kita.




Artikel Terkait:

Pesan Untuk Pengunjung

Jangan lupa sholat, beramal sholeh, dan zakat - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Ilmu tidak bisa di dapat dengan badan yang santai

link otomatis