Jumat, 19 Oktober 2012

manfaat daun pepaya


Semua Bagian dari pepaya ternyata memiliki manfaat dan berkasiat mengobati beberapa penyakit, dari akar batang daun pepaya hingga buahnya. Di bawah ini akan saya sampaikan beberapa bagian saja manfaat daun pepaya.

Berikut  Manfaatnya :

1. Manfaat Daun Pepaya membantu memperlancar ASi.
ambil 3 lembar daun muda, remaslah daunnya letakkan diatas  api hingga layu, dalam keadaan hangat segera tempelkan pada sekeliling payudara. Bagian putingnya jangan.

2. Manfaat Daun Pepaya Sebagai Obat Jerawat.
Bagi yang tidak pede mempunyai wajah berjerawat. Terutama wanita yang selalu ingin tampil cantik, dapat mengobatinya yaitu dengan membuatnya menjadi masker.
Cara membuat maskernya : ambil 2-3 lembar daun pepaya / sekitar 30g yang sudah tua. Kemudian di jemur hingga layu kemudian di haluskan. Tambahkan satu setengah sendok air bersih / 30cc, kemudian bisa  di buat maskeran untuk mengobati jerawat. lebih baik lagi getah pepaya muda di oleskan pada bagian berjerawat di lakukan rutin hingga sembuh jerawatnya. 
3. Manfaat Daun Pepaya melancarkan pencernaan
Tumbuhan dari Daun pepaya memiliki kandungan kimia senyawa 
karpain. Zat itu dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.
4. Manfaat Daun Pepaya untuk menambah nafsu makan.
Bagi anda yang susah makan. Silahkan ambil daunnya yang segar dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan, tambahkan sedikit garam dan air hangat setengah cangkir / 200cc, Campur semua lalu diblender. Kemudian saring airnya tambahkan madu 2 sendok aduklah dan santap dalam keadaan hangat. buat lagi hingga nafsu selera makan normal kembali.
5. Manfaat Daunnya mengobati demam berdarah
Siapa sangka kalau 
pepaya juga dapat untuk menyembuhkan gejala demam berdarah. Coba ambil 5 lembar daun muda. Tambahkan setengah liter air lalu direbus sampai tinggal  tiga perempatnya saja / satu gelas tambahkan sedikit garam, madu 2 sendok. minum selagi masih hangat. buatlah 1 hari 3x pagi sore dan menjelang tidur hingga gejala demam berdarah sembuh.
6. Manfaat Daunnya mengobati Nyeri haid
Pada zaman dulu wanita jika menjelang haid sering memanfaatkan untuk mengobati nyeri haid. Ambil 1 lembar daun muda, tambahkan asam jawa dan garam. Lalu campur dengan segelas air / 250 cc dan Rebus. ambil airnya dan tambahkan madu 2 sendok aduklah.  minumnya setelah dingin.
7.Manfaat Daun pepaya Anti kanker
Hal ini masih belum pasti, tapi dari beberapa penelitian bahwa manfaat 
daun pepaya juga dapat dikembangkan sebagai anti kanker. Sebenarnya bukan hanya daunnya saja melainkan batang pepaya juga dapat digunakan. Karena keduanya memiliki milky latex (getah putih seperti susu).

manfaat daun pepaya diambil dari berbagai sumber.


sumber lain 

Manfaat daun pepaya

Daun pepaya merupakan salah satu daun daunan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Masyarakat luas mengenalnya selain sebagai pengobatan herbal daun pepaya digunakan untuk keperluan memasak yaitu sebagai pelunak daging.
Manfaat dan khasiat daun pepaya adalah sebagai berikut;
Solusi bagi jerawat

Daun pepaya mempunyai khasiat sebagai solusi bagi mereka yang mempuyai jerawat yang membandel. Cara pembuatannya yaitu; petik 2-3 helai daun tua pepaya kemudian jemur sebentar sehingga daun tampak layu. Setelah itu daun yang sudah layu ditumbuk sampai halus. Hasil tumbukan diberi sedikit air ( setengah sendok ) dan oleskan pada bagian wajah yang terdapat jerawat sampai beberapa saat ( sekiranya da neresap pada jerawat ) setelah itu bilas dengan air bersih ( jangan menggunakan pembersih wajah ataupun sabun untuk membersihkan ramuan tersebut dari wajah).
Untuk mengatasi jerawat dan bekasnya selain menggunakan daun pepaya bisa dilihat pada halaman 
cara mengatasi jerawat dan bekasnya , pada halaman tersebut ada beberapa cara alami untuk mengatasi jerawat dan bekasnya.
Penolak atau pencegah kanker (Antikanker)

Daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex), yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker, sebagaimana dikutip dari Journal Society of Biology. Getah ini otomatis didapatkan saat kita mengkonsumsi daun pepaya, dimasak dengan cara apa pun.
Penambah nafsu makan

Daun pepaya dapat berkhasiat sebagai penambah nafsu makan untuk orang dewasa maupun anak anak. Cara membuat ramuan penambah nafsu makan adalah dengan menumbuk halus atau bisa juga dengan blender campuran daun pepaya satu lembar ditambah sedikit garam dan air hangat secukupnya. Setelah dihaluskan dilanjut dengan menyaringnya. Setelah disaring ramuan siap diminum.
Penstabil tekanan darah

Daun pepaya juga dapat berkhasiat sebagai pengontrol tekanan darah yang bermanfaat bagi penderita
tekanan darah tinggi. Caranya; Siapkan 5 lembar daun pepaya kemudian rebus dengan air sebanyak 1/2 liter hingga tinggal 3/4 nya. Dinginkan kemudian airnya siap diminum. Saat minum bisa dicampur dengan madusebagai pelengkap dan pemanis.

Begitu banyak manfaat daun pepaya bagi kesehatan kita, maka dari itu kita pantasnya bersyukur karena pepaya dapat tumbuh subur di sekitar kita sehingga mudah bagi kita untuk mendapatkan dan mengambil manfaatnya. Tapi diakui apa tidak bagi kawula muda daun pepaya bukanlah termasuk menu favorit dalam makanan, entah karena tidak tau manfaatnya atau karena gengsi (dinggap makanan JADUL) dan mereka akan memanfaatkan daun pepaya jika dalam keadaan terpaksa. Akan tetapi mudah mudahan dengan kita memahami manfaat maupun khasiatnya kita akan mensyukuri dan memanfaatkan tumbuhan ini dengan sebaik baiknya.
sumber lain

Manfaat Daun Pepaya

Sebelumnya info kesehatan pernah membahas tentang manfaat daun sirsak danmanfaat pepaya, maka kali ini info kesehatan akan membahas tentang manfaat daun pepaya. Daun pepaya memiliki banyak khasiat, jangan salah selain buahnya yang biasa anda konsumsi, maka begitu pula dengan daunnya yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan anda.

Berikut ini kami akan memaparkan beberapa manfaat daun pepaya, diantaranya adalah sebagai berikut:
Mencegah Penyakit Kanker
Kanker merupakan penyakit yang sangat ganas dan mematikan, jika tidak dicegah mulai sekarang maka akan membahayakan jiwa. Di dalam daun pepaya sendiri memiliki kandungan getah putih yang begitu banyak seperti susu (white milky latex) yang dapat dikembangkan sebagai anti kanker. Getahnya secara otomatis didapatkan pada saat anda mengkonsumsi daun pepaya, baik itu di masak atau dengan cara apapun.
Menstabilkan Tekanan Darah
Daun pepaya juga sangat bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi. Karena daun pepaya memiliki fungsi sebagai pengontrol tekanan darah. Caranya cukup mudah, anda tinggal siapkan 5 lembar daun pepaya kemudian direbus atau dimasak dengan air setengah liter. Masak sampai airnya menyisakan 3/4. Biarkan sampai dingin kemudian diminum. Anda boleh mencampurnya dengan madu sebagai pelengkap atau pemanis.
Menambah Nafsu Makan
Bila anda memiliki masalah dengan tubuh yang kurus yang disebabkan karena kurangnya nafsu makan, maka solusinya adalah daun pepaya. Karena didalam daun pepaya memiliki kandungan yang dapat menambah nafsu makan. Caranya daun pepaya dihaluskan dengan cara diblender yang sebelumnya sudah dicampur dengan garam dan air hangat secukupnya. Setelah itu disaring dengan menggunakan penyaringan lalu air sudah disaring tersebut siap untuk diminum.
Menghilangkan Jerawat 
Daun pepaya mempunyai khasiat sebagai solusi bagi mereka yang mempuyai 
jerawat yang membandel. Cara pembuatannya yaitu; petik 2-3 helai daun tua pepaya kemudian jemur sebentar sehingga daun tampak layu. Setelah itu daun yang sudah layu ditumbuk sampai halus. Hasil tumbukan diberi sedikit air (setengah sendok) dan oleskan pada bagian wajah yang terdapat jerawat sampai beberapa saat (sekiranya da neresap pada jerawat) setelah itu bilas dengan air bersih (jangan menggunakan pembersih wajah ataupun sabun untuk membersihkan ramuan tersebut dari wajah).

Dan masih banyak lagi 
manfaat daun pepaya lagi yang belum disebutkan. Apa yang disebutkan diatas hanya beberapa manfaat yang umum dialami oleh semua orang. Mudah-mudahan info mengenai manfaat daun pepaya memberikan pengetahuan bagi yang membacanya. Baca juga artikel lainnya mengenai penyakit kista.


sumber lain

6 Manfaat Dari Daun Pepaya Untuk Tubuh Manusia

Daun pepaya ternyata memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Jangan salah paham dibalik rasa pahitnya ternyata menyimpan khasiat yang begitu banyak. Dan apa sajakah itu? Kita tahu kalau buah pepaya juga bagus untuk tubuh, namun daunnya juga tidak boleh diremehkan.
Berikut beberapa manfaat daun pepaya yang wajib anda tahu :
1. Sebagai Obat jerawat.
Bagi kamu yang merasa tidak pede mempunyai wajah berjerawat. Terutama bagi wanita yang selalu memperhatikan 
kecantikan. Daun pepaya dapat mengobatinya yaitu dengan membuatnya menjadi masker.
Cara membuat maskernya : ambil 2-3 lembar daun pepaya yang sudah tua.Kemudian jemur dan tumbuk sampai halus. Tambahkan satu setenagh sendok air, baru deh dapat di manfaatkan untuk muka penuh jerawatmu.
2. Manfaat Memperlancar pencernaan
Daun dari tumbuhan pepaya memiliki kandungan kimia senyawa 
karpain. Zat itu dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.
3. Menambah nafsu makan
Manfaat ini terutama untuk anak-anak yang sulit untuk makan. Ambil daun pepaya yang segar dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan. Kalau sudah ketemu tambahkan sedikit garam dan air hangat setengah cangkir. Campur semua lalu diblender. Kemudian saring airnya, nah air itulah yang dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan.

4. Demam berdarah
Siapa sangka kalau pepaya juga dapat untuk menyembuhkan demam berdarah. Coba ambil 5 lembar daun. Tambahkan setengah liter air lalu direbus. Ambil air tersebut jika sudah tertinggal tiperempatnya saja. Bintang sendiri belum pernah membuktikannya, jadi jika keadaan tidak membaik segera segera ke dokter (bahkan kalaupun memabaik segera bawa ke dokter). Anggap saja ini untuk pertolongan pertama!

5. Nyeri haid
Wanita jawa zaman dulu sering memanfaatkan daun pepaya untuk mengobati nyeri haid. Cukup Ambil 1 lembar daun saja, Tambahkan asam jawa dan garam. Lalu campur dengan segelas air dan Rebus. Dinginkan sebelum meminum ramuan pepaya tersebut.

6.Anti kanker
Hal ini masih belum pasti, tapi dari beberapa penelitian bahwa manfaat daun pepaya juga dapat dikembangkan sebagai anti kanker. Sebenarnya bukan hanya daunnya saja melainkan batang pepaya juga dapat digunakan. Karena kedanya memiliki milky latex (getah putih seperti susu).




Artikel Terkait: