Jumat, 09 November 2012

Pestisida Sebabkan Kanker Darah

Studi anyar Negeri Abang Sam menemukan orang yang terpapar pestisida, berisiko dua kali lipat meningkatkan gejala-gejala pre-kanker darah. Studi itu melibatkan 678 pria, berusia 30 hingga 94 tahun di California Utara dan Iowa yang memakai pestisida. Mereka dibandingkan dengan 9 ribu orang dari masyarakat umum di Olmsted County, Minnesota.








Para peneliti mengidentifikasi tingkat risiko spesifik yang terkait dengan jenis-jenis pestisida. Mereka menemukan bahwa risiko MGUS adalah 5,6 kali lebih tinggi bagi mereka yang menggunakan insektisidadieldrin. Kemudian, 3,9 kali lebih tinggi bagi mereka yang menggunakan jenis fumigant mixture carbon-tetrachloride/carbon disulfide dan 2,4 kali lebih tinggi bagi mereka yang mengunakan fungisida yang jenischlorothalonil.

"Kajian kami adalah yang pertama menampilkan hubungan antara paparan pestisida dan dampaknya terhadap prevalensi MGUS," ujar ketua peneliti Dr. Ola Landgren, dari Institut Kanker Nasional Amerika Serikat, seperti dikutip BBC. Menurut Landgren, penemuan ini sangat penting, mengingat bahwa studi menemukan hampir semua mieloma berkembang dari kasus MGUS. Studi ini diterbitkan dalam the journal Blood pada bulan Juni.

sumber: TEMPO InteraktifJakarta


Artikel Terkait:

Pesan Untuk Pengunjung

Jangan lupa sholat, beramal sholeh, dan zakat - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Ilmu tidak bisa di dapat dengan badan yang santai

link otomatis