Jumat, 15 Maret 2013

Jenis-Jenis Jaringan Komputer dan Gambarnya

Jenis-jenis jaringan komputer dan gambarnya, pengertian jaringan komputer sendiri adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua komputer atau lebih, dimana antara satu komputer dengan komputer yang lainnya saling terhubung oleh sebuah sistem komunikasi, sehingga memungkinkan setiap komputer yang tergabung dalam jaringan tersebut dapat saling tukar-menukar data, program, media penyimpanan, printer, dan lain-lain.

Untuk manfaat dari jaringan komputer pernah kita bahas sebelumnya secara jelas dan detail, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan secara jelas juga jenis-jenis jaringan komputer, jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya, yang bekerja bersama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Dan jaringan komputer ini memiliki tujuan. Tujuan itu  yakni :
  • Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
  • Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
  • Akses informasi: contohnya web browsing.
Jenis-Jenis Jaringan Komputer(www.info-asik.com)
Jenis-Jenis Jaringan Komputer
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jenis-jenis jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Bila Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server). Arsitekturini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.


FUNGSI DARI JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER

Baik sebelum melangkah kepada hal tentang jenis-jenis jaringan komputer dan gambarnya, tidak ada salahnya kalau anda juga harus memahami fungsi utama dari jaringan komputer itu sendiri seperti apa, dan berikut dibawah ini merupakan penjelasan singkat yang kami sarikan dari wikipedia :

Bila Berdasarkan fungsi, Pada dasarnya setiap jenis-jenis jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer, yaitu :
  • Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti Detik Com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban .ac .id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya. Jadi disini di jelaskan bahwa satu komputer bisa sebagai server kepada komputer-komputer lainnya.
  • Peer-to-peer
Yaitu jenis-jenis jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer Selengkapnya

Setelah tadi diatas sedikit dijelaskan tentang bagaimana fungsi dari jenis-jenis jaringan komputer yang memang lebih kompleks dalam hal penerapannya, maka kali ini kita akan menuju pada pembahasan jenis-jenis jaringan komputer yang juga kami sarikan dari berbagai sumber di google, silahkan disimak :

1. Jenis-jenis jaringan komputer geografis
Jenis-Jenis Jaringan Komputer(www.info-asik.com)
Jaringan LAN
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jenis-jenis jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer(www.info-asik.com)
Jaringan MAN
Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jenis-jenis jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer(www.info-asik.com)
Jaringan WAN
WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. Jenis-jenis jaringan komputer ini mencakup seluruh dunia. Contohnya jaringan PT. Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.

2. Jenis-jenis jaringan komputer dari sumber informasi
Jenis-Jenis Jaringan Komputer(www.info-asik.com)
Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server

Jenis-Jenis Jaringan Komputer(www.info-asik.com)
Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.

3. Jenis-Jenis jaringan komputer berdasarkan topologi jaringan
Anda bisa membaca disini agar lebih jelas tentang macam-macam topologi jaringan komputer.

4. Jenis-jenis jaringan komputer media transmisi data
Jenis-Jenis Jaringan Komputer(www.info-asik.com)
Jaringan Berkabel (Wired Network)
Pada jenis-jenis jaringan komputer ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer(www.info-asik.com)
Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
merupakan salah satu teknologi jaringan yang mampu menghubungkan berbagai perangkat komputer sehingga membentuk sebuah jaringan dengan menggunakan signal-signal frekuensi tertentu untuk saling bertukar informasi dan data, jenis-jenis jaringan komputer ini biasa juga disebut sebagai jaringan nirkabel (jaringan tanpa kab

5. Jenis-jenis jaringan komputer dalam Proses Data
Jenis-Jenis Jaringan Komputer(www.info-asik.com)
Jaringan Client-Server
Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.


Jenis-Jenis Jaringan Komputer(www.info-asik.com)
Jaringan Peer-to-peer
Pada jenis-jenis jaringan komputer ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.

6. Jenis-jenis jaringan komputer WiMax
Jenis-Jenis Jaringan Komputer(www.info-asik.com)
WiMax adalah teknologi tercanggin dan terbaru saat ini (2013), yang merupakan teknologi jaringan masa depan, dimana WiMaX merupakan pengembangan dari Wireless dengan meningkatkan jarak jangkauan dan beberapa kemampuan yang tidak dimiliki pada wileress.

Demikianlah artikel tentang jenis-jenis jaringan komputer dan gambarnya yang sangat cukup untuk anda pahami dan pelajari sebagai pengetahuan dan wawasan dalam hal pelajaran ilmu IT atau komputer lebih luasnya.


Artikel Terkait:

Pesan Untuk Pengunjung

Jangan lupa sholat, beramal sholeh, dan zakat - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Ilmu tidak bisa di dapat dengan badan yang santai

link otomatis