Selasa, 07 Mei 2013

Khasiat Buah, Daun, Batang, Akar, Biji dan Bunga Sirsak


KHASIAT BUAH, DAUN, BATANG, AKAR, BIJI DAN BUNGA SIRSAK


Khasiat Tanaman Sirsak Untuk Kesehatan

Masyarakat mengenal sirsak sebagai tanaman buah yang sudah dimanfaatkan buahnya untuk konsumsi karena rasanya. Buah sirsak mengandung zat-zat atau senyawa yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Sirsak bukan tanaman asli Indonesia, namun iklim tropis yang dimiliki Indonesia menjadikan sirsak dapat tumbuh dan berkembang di berbagai provinsi di Indonesia.  Tanaman sirsak berasal dari hutan Amazon di Amerika Selatan, Negara Amerika Tengah dan Karibia. Kata sirsak berasal dari kata “Zuurzak” yang artinya “kantung asam” merupakan kata dari bahasa Belanda. Pada abad ke 19, saat penjajahan Belanda, sirsak pertama kali dibawa ke Indonesiaoleh pemerintah colonial Belanda. Pada sistematika tumbuhan, sirsak memiliki nama spesies Annona Muricata Linn dari family Annonaceae.
Pada dasarnya sirsak merupakan tanaman yang dapat tumbuh dan berbuah sepanjang tahun pada kondisi tanah dengan kandungan air yang cukup. Berbuah sepanjang bulan Maret samapi Desember setiap tahunnya.  Tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian antara 500-1200 mdpl. Pohon sirsak tumbuh dan berkembang pada iklim bertemperatur 22-28 celcius, kelembaban sekitar 60-80%, dengan curah hujan antara 1500-2500 mm per tahun.  Pohon ini dapat beradaptasi di daerah beriklim tropis. Jika tanah kekurangan air, seperti pada musim kemarau, tanaman sirsak mampu beradaptasi untuk mempertahankan pertumbuhannya dengan merontokkan sebagian daun-daunnya.
Tinggi pohon bisa mencapai antara 3-8 meter.  Pada pohon yang subur dapat diperoleh 20-50 buah sirsak untuk satu pohonnya.  Buah sirsak yang tua memiliki berat antara 500-2500 gram, berdiameter sekitar 7-15 cm dan panjang antara 17-30 cm.  Masa produktifnya sebelum usia pohon mencapai 8 tahun.  Setelah berusia 8-10 tahun, produksi buahnya berkurang.
Jenis tanah yang cocok untuk pertumbuhan sirsak adalah tanah yang memiliki keasaman antara pH 5,5 - 7,4.  Tanah yang digunakan harus memiliki drainase yang baik.  Tidak ada genangan air di sekitar pohon.  Tanah berpasir dengan kandungan bahan organic tinggi dan kandungan kapur cukup dapat mendukung pertumbuhan yang lebih baik.
Sudah sejak lama sirsak dimanfaatkan sebagai tumbuhan obat baik  di Indonesia maupun di berbagai Negara.  Bagian tumbuhan sirsak yang dapat dimanfaatkan sebagai obat adalah: buah, daun, akar, biji, bunga dan kulit batang.  Hampir semua bagian dari tumbuhan sirsak dapat digunakan sebagai obat.Setiap bagian pohon memiliki khasiat yang berbeda, tergantung senyawa uang terkandung didalamnya.
Senyawa penting yang dimilki tanaman sirsak adalah senyawa sitotoksik yaituacetogenins.  Senyawa acetogenins merupakan senyawa bioaktif yang berperan sebagai senyawa sitotoksik di dalam tubuh manusia.  Senyawa acetogenins yang dimiliki sirsak mampu menghentikan sel kanker dan membunuhnya secara selektif.  Acetogenins hanya bekerja pada sel-sel yang tumbuh secara berlebihan seperti kanker atau tumor.  Senyawa acetogenins dari sirsak diklaim 10.000 x lebih kuat daripada metoda kemotherapy yang menggunakan zat kimia.


Kandungan Gizi Yang Terdapat dalam daun dan Buah Sirsak

Khasiat Buah Sirsak

Buah sirsak terdiri dari 67% daging buah.  20% dari total berat buah adalah bagian kulit, 8,5% biji dan 4,5% bagian tengah buah.  Bagian terbesar dari buah adalah kandungan air yang mencapai 82% dari seluruh bagian daging buah.  Kandungan karbohidrat sekitar 16% yang terdiri dari glukosa dan fruktosa.  Buah sirsak juga mengandung zat besi, fosfor dan kalium.  Sedangkan vitamin yang terkandung adalah vitamin A, B1, B2 dan C.  Vitamin paling dominan adalah vitamin C.  Vitamin C dalam sirsak berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memperlambat proses penuaan, menjadi awet muda. Senyawa-senyawa fitokimia yang terkandung di dalam buah sirsak : annonain, acetaldehyde, muricine, muricinine, tannin, ananol, anomurine.
Buah sirsak juga mengandung serat yang tinggi, sangat baik untuk membantu proses pencernaan.  Serat ini mampu menghambat timbulnya penyakit-penyakit dalam usus atau saluran pencernaan.  Dengan berbagai kandungan yang dimilikinya buah sirsak diyakini dapat mengobati penyakit disentri, osteoporosis, asam urat, demam, diabetes, dan batu empedu.

Khasiat Daun Sirsak


Daun sirsak memiliki lebar 3-7 cm dan panjang antara 6-18 cm.  Daun yang tgua berwarna hijau tua dan yang muda berwarna hijau kekuningan.  Seperti juga buahnya, daun sirsak mengandung berbagai zat aktif yang berkhasiat untuk penobatan atau penyembuhan beragam penyakit.  Senyawa yang dimilikinya adalah: annocatilin, annohexocin, annonacin, annomiricin.
Penyakit yang dapat disembuhkan dari daun sirsak antara lain: lever(penyakit hati), kejang, batuk, rematik, radang sendi, dan rasa nyeri pada sel saraf (neuralgia).

Khasiat Bijih sirsak


Satu buah sirsak mengandung antara 20-200 biji yang saling berdekatan.  Senyawa bioaktif yang terdapat pada biji sirsak adalah senyawa alkaloid yang terdiri dari annonainedan acetogenins.  Di Indonesia senyawa bioaktif ini biasa digunakan sebagai pestisida nabati.
Bijih sirsak oleh sebagian masyarakat awam dimanfaatkan sebagai anticacing(vermifuges) dan untuk membunuh kecoa.  Bangsa Brazil menggunakan minyak biji sirsak untuk keperluan kosmetika.  Minyak  berfungsi sebagai astringent atau toner perbersih permukaan kulit yang kotor.  Suku Amazon menggunakan minyak biji sirsak sebagai obat masuk angin.

Khasiat Akar sirsak. 

Akar sirsak mengandung senyawa aktif annonain, tannin dan alkaloid.  Sebagai bahan yang digunakan untuk obat, akar pohon sirsak biasanya dikonsumsi dalam bentuk teh. Akar ini digunakan sebagai obat penenang, antikejang, antidiabetes, dan menurunkan tekanan darah.  Masyarakat amazon memanfaatkan akar pohon sirsak sebagi penangkal racun, pembasmi kutu, dan antidiabetes.  Penggunaan lainnya adalah sebagai  racun pada aktivitas penangkapan ikan, atau sebagai racun yang dapat membunuh larva nyamuk dan nyamuk vector malaria.

Khasiat Kulit Batang Pohon sirsak

  
Kulit batang pohon sirsak mengandung senyawa tannin, fitosterol, caoksalat, murisine,dan alkaloid.  Kulit batang biasa dikonsumsi setelah direbus dengan air.  Air rebusannya digunakan untuk pengobatan penyakit asma, batuk, penenang dan hipertensi.  Bangsa Haiti meyakini air rebusan kulit batang pohon sirsak dapat memperbaiki system kerja jantung.  Masyrakat Peru biasa menggunakannya sebagai obat penyakit kencing manis.  Suku Amazon menggunakan kulit batang sirsak sebagai obat untukmenyembuhkan penyakit diabetes dan sebagi obat anti kejang.  Masyarakat dari beberapa negara menggunakannya untuk menghangatkan tubuh, menobati flu, dan sebagai antiparasit.

Khasiat Bunga Sirsak


Bunga sirsak mempunyai 3  daun kelopak berwarna kuning kehijauan yang berbentuk segitga dengan panjang antara2-4 cm.  Panjang tangkai bunga sekitar 2,5 cm.  Bunga sirsak muncul di sekitar bawah pangkal daun, ranting dan ujung cabang.  Tanaman sirsak termasuk tanaman tunggal atau berumah satu.  Tanaman yang memiliki bunga jantan dan betina.  Bunga sirsak biasa digunakan oleh sebagian masyarakat Brazil untuk pengobatan penyakit saluran pernafasan (bronchitis) dan batuk.


DAUN SIRSAK + DAUN NANGKA = KANKER SEMBUH

Sumber: http://sbelen.wordpress.com/2011/02/12/daun-sirsak-daun-nangka-kanker-sembuh/
Catatan: Karena banyak pertanyaan pembaca diajukan kepada kami, kami berusaha menambah informasi pada posting ini. Terutama, menyangkut efek samping dan herbal pendamping lain selain daun sirsak. Seluruh tambahan itu dimasukkan pula dalam file ppt yang bisa di-download. Kami harapkan juga agar pertanyaan pembaca dapat pula dijawab oleh dokter dan herbalis yang kompeten serta oleh pasien yang telah mempraktikkan terapi sirsak atau anggota keluarga atau teman yang memiliki informasi tentang apa yang dialami pasien kanker. Terima kasih. SB
Temanku terserang kanker ginjal. Ia telah menjalani berbagai jenis kemoterapi, mulai dari kemoterapi dalam negeri sampai ke rumah sakit di Guangzou, China dan Rumah Sakit Mount Elizabeth Singapura selama 2 tahun ini. Pernah di-scan di Guangzou, sel-sel kanker dalam tubuhnya telah sirna. Ia dinyatakan telah kembali sehat.
Karena girangnya, ia mengurangi kadar herbal kemoterapi dengan cara terbaik menurut pengobatan China. Akibatnya sel-sel kanker kambuh dan bangkit lagi, dan semakin ganas. Akhirnya, tim dokter memesan obat dari China seharga Rp 67 juta. Inilah obat terakhir. Namun, obat ini akan membunuh sel-sel kanker dan sel-sel sehat. Setelah dikonsumsi obat manjur terakhir ini sekitar seperempat dari seluruh dosis yang disarankan, ternyata kondisinya malah memburuk.
Bersamaan dengan keputusasaan itu, terbit artikel pada Majalah Trubus, 10 – 17 Januari 2011 yang menandaskan bahwa terapi sirsak berkhasiat 10 ribu kali keampuhan kemoterapi.
Akhirnya, temanku ini memilih mengikuti terapi daun dan buah sirsak. Pada waktu ia mulai mengikuti terapi ini, temanku dari Paraguay mengirim email menceritakan bahwa Presiden Paraguay Fernando Lugo terserang kanker tapi kini telah sembuh total karena mengikuti terapi sirsak dan terapi nangka.
Mengapa? Karena air daun sirsak membunuh sel-sel kanker sedangkan air daun nangka menumbuhkan sel-sel baru, meremajakan sel-sel tubuh yang telah rusak.
Karena itu, kombinasi yang manjur adalah mengikuti terapi air daun sirsak dan terapi air daun nangka. Buah sirsak dan buah nangka juga dimakan. Bahkan air rebusan akar dan kulit batang sirsak juga dikonsumsi.

Inilah resep air daun sirsak yang diikuti temanku:
1. Ambil 10 lembar daun sirsak yang matang, tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Pada satu tangkai daun sirsak, ambillah daun urutan ke- 4, 5 atau 6.
2. Rebuslah dengan air 3 gelas sampai tersisa 1 gelas. Minumlah 3 x 1 gelas per hari. Kalau ingin masak sekaligus untuk sehari, ya ambil 30 lembar daun sirsak, rebus dengan air 9 gelas sampai tersisa 3 gelas. Simpanlah dalam kulkas.
3. Makan juga buah sirsak. Bisa juga buah sirsak ini dibuat jus. Pak Bambang Ismawan, pendiri dan Pemimpin Umum Majalah Trubus, yang telah mendalami khasiat sirsak ini selama puluhan tahun, bercerita berikut ini. Ketika ikhwal khasiat daun Sirsak itu saya kemukakan kepada seorang penyembuh Akupresure, dia menyatakan  pengetahuan tentang khasiat Sirsak sudah kita ketahui lama, sebenarnya yang  ampuh itu buah sirsak muda, dengan diparut dan diperas. Airnya diminum bagi penderita diabetes karena airnya berkkasiat mengendalikan diabetes.
Khasiat sirsak dari penelusuran kami tidak hanya untuk membunuh sel-sel kanker tapi juga untuk menyembuhkan berbagai penyakit lain. Inilah daftar khasiat sirsak.
1. Membunuh sel-sel kanker pankreas, paru-paru, ginjal, pankreas, payudara, prostat, dan usus besar, leukemia.
2. Mengeliminasi radikal bebas, mengeringkan sel kanker, menyembuhkan peradangan dalam tubuh, dan terutama meningkatkan stamina pasien agar tubuh tidak lemah.
3. Menyembuhkan peradangan, misalnya radang tenggorokan, usus, pencernaan, ambeien, dan diabetes.
4. Mencegah dan menyembuhkan asam urat
5. Menyembuhkan penyakit kadar kolesterol jahat yang tinggi.
6. Bagi pria, daun sirsak menambah jumlah dan memperkuat sperma.
7. Meningkatkan kekebalan tubuh.

Karena sirsak berguna juga untuk menjaga ketahanan tubuh, orang yang sehat disarankan minum air daun sirsak dan makan buah sirsak.
Walaupun saya sehat tapi saya minum juga air daun sirsak yang direbus dan teh daun sirsak dari daun yang sudah dikeringkan. Reaksi awal yang saya alami adalah cepat dan berkali-kali kencing. Baik pasien kanker maupun orang sehat cenderung mengalami reaksi awal yang berbeda-beda secara individual setelah mengikuti terapi air daun sirsak. Ada yang merasa tidak nyaman, panas-dingin, perut nyeri, diare, punggung panas, perut terasa mual, nafsu makan tiba-tiba hilang.
Ini adalah reaksi awal. Jangan panik dan jangan menyerah, lalu mempersalahkan air daun sirsak yang menjadi gara-gara. Jika air daun sirsak mulai menyerang sel-sel kanker, sel-sel yang mati ibarat racun yang harus dikeluarkan dari tubuh. Jelaslah keseimbangan tubuh diganggu, sehingga tubuh otomatis mencari keseimbangan baru. Puing-puing sisa sel-sel kanker yang mati pastilah berpengaruh kepada organ tubuh yang lain. Tubuh bereaksi, misalnya suhu tubuh meningkat tajam, badan berkeringat banyak, otot-otot terasa nyeri, metabolisme tubuh seolah “terganggu”, pencernaan mulai menyesuaikan diri. Kalau kita sering kencing atau diare sehingga sering ke toilet, pikirkan saja bahwa sel-sel mati dan racun dalam tubuh kita dikeluarkan melalui air kencing dan faeces (tahi).
Teruskan terapi air daun sirsak. Secara bertahap tubuh akan menyesuaikan diri sehingga konsumsi air daun sirsak menjadi kebiasaan. Cepat atau lambat gejala-gejala awal itu akan berkurang dan menghilang.
Dosis daun sirsak bagi pasien kanker tidak bisa berlaku umum untuk semua orang. Dosis seorang pasien berbeda dengan pasien lainnya sesuai dengan kondisi individual tiap pasien. Sebagai pegangan dapatlah digunakan gambaran umum yang dikemukakan para herbalis. Herbalis Valentina Indrajati, Lina Mardiana, dan dr Paulus Wahyudi Halim menyatakan bahwa dosis daun sirsak bergantung kepada stadium kanker pasien. Lihat ilustrasi di bawah ini yang menggambarkan jumlah daun sirsak basah yang direbus sesuai dengan stadium kanker pasien Daun sirsak yang dikeringkan juga bisa dipakai. Perbedaan dengan daun sirsak segar hanyalah pada daun segar ada air sedangkan pada daun kering air sudah tidak ada. Dosis untuk daun sirsak kering adalh 1,5 kali daun basah. Misalnya jumlah daun basah 10, berarti untuk daun kering berjumlah 15.


Untuk stadium pemula:
Mulailah dengan 10 lembar daun sirsak. Lalu, naikkan jumlah daun sirsak 3 – 5 lembar tiap bulan. Pada bulan ke-3 maksimal 21 lembar. Rebus air 3 gelas hingga mendidih dan tersisa 1 atau 1,5 gelas.
Untuk stadium 1 – 3:
Mulailah dengan 15 lembar daun sirsak. Lalu, tambahkan 3 – 5 daun sirsak tiap 1 bulan. Pada bulan ke-3 maksimal 31 lembar. Rebus air 4 gelas hingga mendidih dan tersisa 3 gelas.
Untuk stadium di atas 3:
Mulailah dengan 21 lembar daun sirsak. Lalu, pada bulan ke-3 digunakan 41 – 50 daun sirsak. Rebus air 5 gelas hingga mendidih dan tersisa 3 gelas. Penggunaan daun sirsak maksimal 70 lembar jika tidak dicampur herbal lain.
(Sumber: Sardi Duryatmo / Peliput Desi S Rahimah, “Khasiat dan Aman Sejalan” dalam Majalah TRUBUS 498, Mei 2011 / XLII, halaman 14).




                                                                       Pohon nangka
daun nangka

Untuk menyembuhkan pasien sakit kanker, resep daun sirsak saja tidaklah cukup. Perlu juga diikuti resep air daun nangka karena air ini menumbuhkan sel-sel baru dan meremajakan sel-sel yang telah rusak.
Berdasarkan informasi dari Martin Bhisu yang mendapatkan informasi dari Presiden Fernando Lugo, temanku itu kini mengikuti resep air daun nangka sbb:
1. Ambil 10 lembar daun nangka yang matang (tidak terlalu muda).
2. Rebuslah dengan air satu setengah liter (setara 1 botol aqua besar).
3. Didihkan sampai sekitar 70 derajat Celsius, jangan terlalu lama, tak perlu sampai daun itu masak benar.
4. Ambil air yang tersisa, tuang ke sebuah mangkok besar, lalu tutuplah mangkok itu agar uap air daun nangka itu tidak menguap dan terbuang ke luar. Simpanlah sampai air itu dingin.
5. Minumlah 3 x sehari tiap setengah jam sebelum makan.

Daftar khasiat nangka disajikan berikut ini.
1. Daun untuk menyembuhkan kanker.
2. Daun digunakan sebagai terapi anti-diabetes (pengobatan ayurveda India).
3. Daun pohon nangka juga dapat digunakan sebagai pelancar ASI, borok (obat luar), dan luka (obat luar).
4. Biji nangka digunakan sebagai obat batuk dan tonik.
5. Buah nangka yang mengandung kalium cukup besar berguna mengatasi hipertensi dan mencegah infeksi.
6. Getah kulit kayu juga telah digunakan sebagai obat demam, obat cacing dan sebagai anti-inflamasi.
7. Kandungan kalsiumnya yang tinggi, fosfor, dan mineral lainnya seperti zat besi sangat baik sebagai anti-oksidan, anti-kanker, untuk memperkuat tulang dan gigi, dan melancarkan pencernaan.
8. Nangka juga dikenal dapat membantu menyembuhkan bisul dan gangguan pencernaan.
9. Bioaktivitas nangka terbukti secara empirik sebagai anti-kanker, anti-virus, anti-inflamasi, diuretil, dan anti-hipertensi.
Karena nangka berkhasiat untuk mempertahankan ketahanan dan kesehatan tubuh melalui peremajaan sel, orang yang sehat pun disarankan mengkonsumsi air daun nangka dan buah nangka.
Agar Anda mendapatkan gambaran lengkap mengenai khasiat sirsak dan nangka, terutama untuk menyembuhkan pasien kanker (termasuk kista dan tumor), klik dan save file powerpoint berikut ini!


KHASIAT SIRSAK & NANGKA DAN HERBAL LAIN

Untuk menjamin kesehatan Anda dan membuang jauh kekhawatiran terserang penyakit kanker, biasakanlah minum teh daun sirsak dan teh daun nangka. Simaklah cerita temanku berikut ini.
Cerita Martin Bhisu asal Flores yang kini berkarya di Paraguay:
Hari ini saya berada di kebun sambil menyaksikan pohon kelor (marungge), kacang panjang, dan dua hektar nenas serta beberapa hektar wijen yang tumbuh subur.
Untuk mengobati kanker, kuncinya adalah sirsak, yang tidak hanya lebih dahyat dari kemoterapi kanker, tapi juga mencegah banyak penyakit, termasuk diabetes. Kalau perlu ketimbang minum teh atau kopi lebih baik minum teh daun sirsak. Nggak usah rumit-rumit buat resep segala. Jadikan kebiasaan minum minuman ini. Minum tiap hari dan kapan saja. Bukan hanya daun sirsak tapi juga akar dan kulit batang berkhasiat membunuh sel-sel kanker. Presiden Paraguay Fernando Lugo bilang dia minum tidak kenal waktu dan ukuran. Untuk meremajakan sel, konsumsi juga air daun nangka.
Perlu kami tambahkan saran temanku, Noor Indrastuti, seorang biolog sebagai berikut: “Pak Belen, thanks info-infonya tentang khasiat daun sirsak dan daun nangka. Saran saya… bila minum obat herbal apa pun sebaiknya terus diikuti dengan minum air putih yang agak banyak. Ini untuk mengurangi dampaknya terhadap ginjal. Obat herbal cenderung agak lambat diproses tubuh dibandingkan dengan obat-obatan kimia.”









Pembaca yang budiman. Pertanyaan yang diajukan kepada kami amat banyak dengan aneka-persoalan yang kebanyakan di luar pengetahuan dan pengalaman kami. Karena menyangkut penyakit kanker, tentu saja kami tak boleh menjawab tanpa dasar yang kuat. Karena itu, perkenankan kami mengimbau pembaca yang memiliki pengetahuan dan pengalaman serta dokter dan ahli herbal berkenan memberi jawaban dan komentar untuk mencerahkan pembaca yang amat membutuhkan informasi yang relevan dan berguna.
Secara khusus patut kami mengucapkan terima kasih berlimpah kepada Pak Suwondo yang sering memberikan jawaban kepada pembaca yang bertanya. Kebaikan Pak Suwondo ini luar biasa. Beliau memberi jawaban berdasarkan keahlian dan pengalamannya yang luas.
Terima kasih untuk semua rekan yang berperan serta menolong sesama kita yang berseru dalam rintihan kepedihan diri atau keluarganya hanya untuk mendapatkan informasi yang tepat pada waktu yang tepat.
Janganlah lupa: daun sirsak + daun nangka + doa = kanker sembuh.

  Pustaka:
1. Suranto, A, 2011,”Dahsyatnya Sirsak Tumpas Pnyakit”, Pustaka Buda, Jakarta.
2. Zuhud Ervizal, A.M, 2011, “Bukti Kedahsyatan Sirsak Menumpas kanker”, Argomedia Pustaka, Jakarta.
3. Herlina, E, Rifai N, 2011, “Daun Sirsak Menumpas Kanker”, TransMedia, Jakarta.
4. Rahima, E, 2011,”Menyembuhkan Kanker Dengan Daun sirsak”, Art Pustaka, Yogyakarta.
5. http://sbelen.wordpress.com/2011/02/12/daun-sirsak-daun-nangka-kanker-sembuh/
6. http://ardra.biz/kesehatan/khasiat-sirsak
7. www.ilmu212.blogspot.com

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

JANGAN LUPA BERKOMENTAR DAN UNGKAPKAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL INI.

NO SARA
NO PORNOGRAFI
NO SPAM
NO LINK ON
NO LINK OFF

JANGAN LUPA UNTUK SELALU MEMBAGIKAN ARTIKEL INI KE JEJARING SOSIAL YANG ANDA SUKA YA :)

Pesan Untuk Pengunjung

Jangan lupa sholat, beramal sholeh, dan zakat - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Ilmu tidak bisa di dapat dengan badan yang santai

link otomatis