Jumat, 30 Agustus 2013

Mengenal Gejala Pengapuran Sendi

Sendi lutut terasa sakit saat berjalan atau berjongkok? Waspadalah, bisa jadi Anda terkena pengapuran sendi. Pengapuran sendi stadium awal biasanya ditandai dengan nyeri dan kekakuan setelah tidak bergerak dalam waktu lama, misalnya setelah duduk lama atau bangun tidur.

Biasanya sendi juga akan teras sakit jika digunakan untuk beraktivitas, misalnya naik turun tangga, jongkok, atau berjalan dalam  waktu yang lama. Selain itu, sering juga terdengar bunyi “krek-krek” saat sendi lutut digerakkan.
Pada stadium yang lebih berat, penderita tidak hanya merasakan sakit saat beraktivitas saja tapi juga saat sedang istirahat. Pada stadium lanjut, rasa sakit akan makin hebat, sendi lutut menjadi kaku dan bengkok seperti huruf X atau O. Umumnya, penderita pengapuran sendi yang berat akan berjalan pincang.
Jika difoto rontgen maka akan terlihat celah sendi yang terkena pengapuran lebih sempit ketimbang celah sendi yang normal sebagai akibat penipisan tulang rawan sendi. Hasil foto rontgen ini dapat digunakan untuk menentukan tingkat keparahan pengapuran sendi.
Pengapuran sendi dibagi menjadi 4 stadium. Stadium 1 dan 2 dikategorikan sebagai pengapuran sendi ringan, sementara stadium 3 dan 4 sebagai pengapuran sendi yang berat.
Pengobatan
Pengobatan pengapuran sendi berbeda-beda tergantung stadiumnya. Pengapuran sendi yang ringan (stadium 1 dan 2) masih bisa disembuhkan dengan pengobatan yang tepat, misalnya dengan diet penurunan berat badan dan pemberian obat berupa:



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA BERKOMENTAR DAN UNGKAPKAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL INI.

NO SARA
NO PORNOGRAFI
NO SPAM
NO LINK ON
NO LINK OFF

JANGAN LUPA UNTUK SELALU MEMBAGIKAN ARTIKEL INI KE JEJARING SOSIAL YANG ANDA SUKA YA :)

Pesan Untuk Pengunjung

Jangan lupa sholat, beramal sholeh, dan zakat - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Ilmu tidak bisa di dapat dengan badan yang santai

link otomatis