Senin, 02 September 2013

Kanker Pelvis Renalis

Pelvis renalis merupakan bagian ginjal yang berfungsi mengalirkan air kemih ke ureter.  Ureter adalah saluran atau tabung yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih.
Sel-sel yang melapisi pelvis renalis dan ureter juga rentan mengalami kanker. Karsinoma sel transisional merupakan jenis kanker yang terjadi pada sel tersebut.

PENYEBAB
Belum diketahui pasti penyebab mengganasnya sel-sel ginjal. Berikut ini faktor risiko terjadinya karsinoma sel transisional:
  • Pemakaian obat penghilang nyeri fenacetin jangka panjang
  • Kanker kandung kemih
GEJALA
Penderita kanker ini biasanya mengalami gejala awal berupa hematuria (darah dalam urin). Bila aliran urin tersumbat, maka bisa menyebabkan nyeri kram di daerah tulang pinggul, tulang rusuk, atau perut bagian bawah.
DIAGNOSA
Diagnosis akan ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan urografi intravena atau urografi retrograd. CT scan juga bisa membantu membedakan tumor dengan bekuan darah atau tumor serta menunjukkan adanya pertumbuhan kanker.
Selain itu, sel-sel kanker juga bisa ditunjukkan dengan pemeriksaan mikroskopik terhadap sampel urin. Sementara nefroskopi atau ureteroskopi bisa digunakan untuk mengamati  atau mengobati tumor yang kecil.
PENGOBATAN
pengangkatan ginjal dan ureter bisa dilakukan bila kanker belum menyebar. Namun, bila ginjal tidak berfungsi dengan baik atau bila penderita hanya mempunyai satu ginjal maka pengankatan ginjal tidak bisa dilakukan sebab penderita akan tergantung pada dialisa. Kemoterapi akan dilakukan bila kanker sudah menyebar.
PROGNOSIS
Bila kanker belum menyebar dan dapat diangkat seluruhnya dengan pembedahanmaka prognosisnya baik. Setelah dilakukan pembedahan, penderita akan menjalani pemeriksaan sitoskopi secara rutin sebab penderita karsinoma sel transisional berisiko menderita kanker kandung kemih.
Bila kanker kandung kemih ditemukan pada satdium dini maka kandung kemih akan diangkat atau diobati dengan obat anti kanker yang dimasukkan ke dalam kandung kemih.



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA BERKOMENTAR DAN UNGKAPKAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL INI.

NO SARA
NO PORNOGRAFI
NO SPAM
NO LINK ON
NO LINK OFF

JANGAN LUPA UNTUK SELALU MEMBAGIKAN ARTIKEL INI KE JEJARING SOSIAL YANG ANDA SUKA YA :)