Sabtu, 07 September 2013

Mengenal Penyakit Tendinitis

Tendinitis merupakan peradangan pada tendon. Tenosinovitis adalah tendinitis yang disertai dengan peradangan pada selubung pelindung di sekeliling tendon. Tendon merupakan penghubung otot dengan tulang.
Jari pelatuk adalah kondisi jari tangan yang terkunci dalam posisi tertekuk. Kondisi ini terjadi bila 1 tendon bergerak secara halus ke dalam dan ke luar dari selubung di sekitarnya pada saat jari tangan lurus dan menekuk.
Saat jari tangan menekuk, tendon yang meradang keluar dari selubungnya, namun bila tendon terlalu membengkak atau membentuk benjolan, maka tendon sulit dikembalikan ke posisinya bila jari tangan diluruskan.
Untuk meluruskan jari tangan, penderita harus mendorong daerah yang membengkak ke dalam selubung. Tindakan ini dapat menimbulkan perasaan meletus, seperti yang dirasakan saat menarik pelatuk.

Penyebab
Kebanyakan tendinitis terjadi ketika memasuki usia pertengahan karena pada usia tersebut tendon menjadi lebih peka terhadap cedera. Tendinitis juga bisa terjadi saat usia muda karena olahraga yang berlebihan atau akibat gerakan yang dilakukan berulang-ulang.
Selubung tendon juga bisa terkena penyakit sendi, seperti  sindroma reiter, gout, artritis rematoid, dan skleroderma sistemik. Pada orang dewasa muda yang menderita gonore (terutama wanita), bakteri gonokokus bisa mengakibatkan tenosinovitis, biasanya pada jari tangan, tendon di bahu, pergelangan tangan, kaki, pergelangan kaki, dan pinggul.
Gejala
Penderita akan merasa nyeri saat tendon yang meradang diraba tau digerakkan. Meski gerakannya ringan tapi bisa menimbulkan nyeri yang hebat. Selain itu, selubung sendi akan membengkak dan muncul suara gemeretak yang terdengar melalui stetoskop saat sendi digerakkan.
Tendinitis diatas otot biseps pada lengan atas mengakibatkan nyeri jika sikut ditekuk atau lengan bawah sebelah dalam diputar.
Pengobatan
Pemasangan gips pada derah yang terkena bisa meringankan gejala, lakukan pula pemanasan dan pendinginan. Selain itu, bisa juga diberi obat anti peradangan non-steroid selama 7-10 hari untuk mengurangi peradangan dan nyeri.
Pada jari pelatuk kadang kortikosteroid dan obat bius lokal disuntikkan ke dalam selubung tendon.
Pengobatan mungkin harus diulang setiap 2-3 minggu selama 1-2 bulan sebelum peradangan sembuh total.
Pembedahan mungkin akan dilakukan bila terjadi tendinitis menetap atau menahun. Tindakan ini bertujuan untuk mengangkat daerah yang meradang. Setelah pembedahan akan dilakukan terapi fisik. Pembedahan biasanya dilakukan untuk mengobati jari pelatuk menahun atau untuk membuang endapan kalsium pada tendinitis menahun.



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA BERKOMENTAR DAN UNGKAPKAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL INI.

NO SARA
NO PORNOGRAFI
NO SPAM
NO LINK ON
NO LINK OFF

JANGAN LUPA UNTUK SELALU MEMBAGIKAN ARTIKEL INI KE JEJARING SOSIAL YANG ANDA SUKA YA :)

Pesan Untuk Pengunjung

Jangan lupa sholat, beramal sholeh, dan zakat - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Ilmu tidak bisa di dapat dengan badan yang santai

link otomatis