Minggu, 01 September 2013

Sindroma Ginjal Paru

Sindroma Goodpasture atau sindroma ginjal paru merupakan suatu peradangan glomerulus ginjal yang mengakibatkan penurunan fungsi ginjal yang progresif, diikuti batuk darah.

Penyebab
Belum diketahui pasti penyebab penyakit ini. Terkadang penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus atau karena menghirup pelarut hidrokarbon. Penderita sindroma Goodpasture memproduksi antibodi terhadap sistem penyaringan di ginjal dan terhadap alveoli dan kapiler di paru-paru. Antibodi ini ditimbun dalam dasar selaput glomerulus ginjal dan alveoli paru, dan dapat memicu terjadinya peradangan ginjal dan perdarahan paru.
Gejala
Antibodi yang menumpuk di paru mengakibatkan perdarahan di dalam jaringan paru,akibatnya penderita mengalami batuk darah. Sesak napas juga muncul setelah penderita melakukan aktivitas. Selain itu, bisa juga terjadi anemia akibat kekurangan zat besi atau karena gagal ginjal.
Pengobatan
Pengobatan bertujuan untuk memperlambat perkembangan penyakit. Pengobatan akan lebih efektif bila dilakukan sedini mungkin, sebelum fungsi ginjal mengalami penurunan sehingga perlu dilakukan dialisa.
Untuk mengurangi respon kekebalan, diberikan corticosteroid atau obat anti-peradangan lainnya.
Immunosupresan (obat penekan respon kekebalan), seperti cyclophosphamide, digunakan secara agresif untuk mengurangi efek pada sistem kekebalan.
Plasmaferesis merupakan suatu tindakan dimana plasma darah dikeluarkan dari tubuh dan diganti dengan cairan atau plasma dari donor. Prosedur ini dilakukan tiap hari selama 2 minggu atau lebih, agar antibodi di peredaran darah bisa dibuang.
Bila fungsi ginjal sudah memburuk, mungkin perlu dilakukan dialisa. Pencangkokan ginjal akan memberikan hasil yang memuaskan bila dilakukan setelah selama beberapa bulan tidak ditemukan antibodi di dalam darah. Sebagai usaha pencegahan sebaiknya jangan menghirup lem atau uap bensin sebab dapat memicu terjadinya sindroma ini.



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA BERKOMENTAR DAN UNGKAPKAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL INI.

NO SARA
NO PORNOGRAFI
NO SPAM
NO LINK ON
NO LINK OFF

JANGAN LUPA UNTUK SELALU MEMBAGIKAN ARTIKEL INI KE JEJARING SOSIAL YANG ANDA SUKA YA :)