Selasa, 01 Oktober 2013

Burung Terkecil di Dunia "Kolibri"

 Mungkin kita akan dibuat heran dengan ukuran burung cantik berbulu indah ini. Kolibri atau yang sering disebut sebagai hummingbird ini punya panjang sekitar 5,5cm-6,4cm dengan berat sekitar 1,6-1,8 gram saja. Nggak heran kalau kolibri disebut-sebut sebagai burung terkecil di dunia. Ternyata burung kecil ini punya banyak keunikan, lho.
 

Penerbang Ulung
Meskipun berukuran kecil, gerakan sayap kolibri sangat cepat, satu detik mencapai 12-80 kepakan, mirip dengan gerakan seekor lebah. Christopher Clark, seorang penelitia dari Universitas California mengukur kecepatan burung kolibri betina dengan kamera dan berhasil mendapatkan 500 gambar yang berbeda dalam satu detik saja. 

Makanan Favorit
Penasaran apa makanan penerbang kecil ini? Makanan favorit burung Kolibri adalah bunga yang berbau harum atau yang banyak mengandung madu. Paruhnya yang kecil dan panjang, membantu kolibri menghisap nektar atau inti sari bunga dengan mudah. Dalam sehari, kolibri bisa makan sebanyak 5-14 kali/jam. Ini dikarenakan ukuran perutnya yang kecil kurang bisa menampung makanan dalam jumlah banyak sekaligus. 
Masih ingat dengan istilah simbiosis mutualisme? Itu lho, hubungan antar makluk hidup yang saling menguntungkan. Nggak cuma menghisap sari madunya saja, tetapi penghisapan madu bunga ini ternyata membantu proses penyerbukan silang pada bunga. Serbuk sari yang menempel di paruh burung kolibri akan terbawa dan berpindah dari satu bunga ke bunga lainnya. 

Kicauan Menggoda
Saat musim kawin tiba, burung kolibri jantan dan betina punya cara masing-masing untuk menarik lawan jenis mereka. Kolibri jantan menyatakan perasaannya pada betina dengan cara mengeluarkan bunyi kicauan yang merdu sambil terbang mengelilingi si betina. Sementara si betina biasanya akan terbang berkelompok dengan kecepatan tinggi sambil melancarkan aksi akrobatik di udara. Unik, ya! 

Telur Kolibri Sebesar Kacang Polong
Nggak hanya ukurannya saja yang kecil, telur burung kolibri ternyata nggak lebih besar dari biji kacang polong, lho. Telurnya berwarna putih dan bersih. Sekali bertelur, biasanya kolibri hanya bertelur sebanyak 2 buah saja. Dewianataria-Foto: SIPA Press






Artikel Terkait:

6 komentar:

JANGAN LUPA BERKOMENTAR DAN UNGKAPKAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL INI.

NO SARA
NO PORNOGRAFI
NO SPAM
NO LINK ON
NO LINK OFF

JANGAN LUPA UNTUK SELALU MEMBAGIKAN ARTIKEL INI KE JEJARING SOSIAL YANG ANDA SUKA YA :)

Pesan Untuk Pengunjung

Jangan lupa sholat, beramal sholeh, dan zakat - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Ilmu tidak bisa di dapat dengan badan yang santai

link otomatis