Minggu, 06 Oktober 2013

Manusia dan Keindahan

Keindahan
  Kata keindahan berasal dari kata indah, yang artinya bagus, permai, ataupun cantik. Keindahan adalah identik dengan kebenaran. Keindahan kebenaran dan kebenaran adalah keindahan. Keduanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi, dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah.
        Keindahan juga bersifat  universal, artinya tidak terkait oleh selera perseorangan , waktu ataupun tempat. Akan sulit bagi kita untuk menyatakan apakah keindahan itu, karena jelas keindahan adalah sesutu yang abstrak, keindahan akan jelas apabila kita menggabungkannya dengan sebuah benda ataupun karya, seperti keindahan pada sebuah lukisan , maupun pemandangan alam. Jadi pengertian keindahan sangatlah luas meliputi 




  • Keindahan seni
  • Keindahan Alam
  • Keindahan Moral
  • Keindahan Intelektual

 A. Nilai Estetik

       Dalam rangka teori umum tentang nilai the Liang gie menjelaskan bahwa pengertian keindahan dianggap sebagai sebagai salah satu jenis nilai seperti hal nya nilai moral, nilai ekonomik, nilai pendidikan, dan sebagainya. Nilai yang berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam pengertian keindahan disebut nilai estetik.
Masalahnya sekarang ialah : apakah itu nilai estetik itu? Dalam bidang filsafat, istilah nilai seringkali dipakai sebagai suatu kata benda abstrak yang berarti keberhargaan (worth) atau kebaikan(goodness). Dalam dictionary of sociology and related sciences di berikan perumusan tentang value.

Nilai itu ada yang membedakan antara nilai sub yektif dan obyektif, Tetapi penggolongan yang penting ialah:

- Nilai ekstrinsik
Nilai ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnya, yakni nilai yang bersifat sebagai alat atau membantu contohnya: puisi, bentuk puisi yang terdiri dari bahasa, diksi, baris, sajak, irama, itu disebut nilai ekstrinsik
- Nilai intrinsik
Nilai intrinsik adalah sifat baik dari benda yang bersangkutan, atau sebagai suatu tujuan, ataupun demi kepentingan benda itu sendiri. Contohnya : pesan puisi yang ingin disampaikan kepada pembaca melalui (alat benda) puisi itu disebut nilai intrinsik


B. Sebab Manusia Menciptakan Keindahan

        Keindahan itu pada dasarnya adalah ilmiah. Alam ciptaan tuhan. Ini berarti bahwa keindahan itu ciptaan tuhan. Alamiah berarti wajar, tidak berlebihan tidak pula kurang. Kalau pelukis melukis wanita lebih cantik dari keadaan aslinya, justri itu tidak indah. Bila ada pemain drama yang berlebih-lebihan: misalnya marah yang meluap-luap padahal masalahnya kecil, atau karena kehilangan sesuatu yang tidak berharga kemudian menangis meraung-raung. Itu berarti tidak indah.
Pengungkapan keindahan dalam karya seni didasaru oleh motivasi tertentu dan dengan tujuan tertentu pula. Motivasi itu dapat berupa pengalaman atau kenyataan mengenai penderitaan hidup manusia, mengenai keagungan tuhan dan banyak segi lainnya. Tujuannya tentu saja dilihat dari segi nilai kehidupan manusia, martabat manusia, kegunaan bagi manusia secara kodrati. Berikut ini akan dicoba menguraikan alasan/ motivasi seniman menciptakan keindahan.

1. Tata nilai yang telah using
Tata nilai yang terjelma dalam adat istiadat ada yang sudah tidak sesuai lagi dengan keadaan, sehingga dirasakan sebagai hambatan yang merugikan dan mengorbanan nilai-nilai kemanusiaan, misalnya kawin paksa, pingitan dll.

2. Kemerosotan zaman
Keadaan yang merendahkan derajat dan nilai kemanusiaan ditandai kemerosotan moral. Kemerosotan moral dapat diketahui dari tingkah laku dan perbuatan manusia yang bejad terutama dari segi kebutuhan seksual. Kebutuhan seksual ini dipenuhi tanpa menghiraukan ketentuan-ketentuan hokum agama dan moral masyarakat.

3. Penderitaan manusia
Banyak factor yang membuat manusia menderita. Tetai yang paling menentukan ialah factor manusia itu sendiri. Manusialah yang membuat orang menderita sebagai akibat nafsu ingin berkuasa, serakah, tidak berhati-hati dan sebagainya.

4. Keagungan Tuhan

Keagungan tuhan dapat dibuktikan melalui keindahan alam dan keteraturan alam semesta serta kejadian-kejadian alam. Keindahan alam merupakan keindahan mutlak ciptaan Tuhan. Manusia hanya dapat meniru saja keindahan ciptaan Tuhan itu. Seindah-indahnya tiruan terhadap ciptaan Tuhan, tidak akan menyamai keindahan manusia ciptaan Tuhan itu sendiri.





C. Hubungan Manusia dan Keindahan

Manusia adalah ciptaan manusia dan keindahan juga ciptaan manusia, selain itu manusia juga membutuhkan keindahan karena tanpa keindahan hidup bagaikan masakan tanpa garam, dan manusia juga salah satu factor pencipta dari keindahan.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA BERKOMENTAR DAN UNGKAPKAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL INI.

NO SARA
NO PORNOGRAFI
NO SPAM
NO LINK ON
NO LINK OFF

JANGAN LUPA UNTUK SELALU MEMBAGIKAN ARTIKEL INI KE JEJARING SOSIAL YANG ANDA SUKA YA :)

Pesan Untuk Pengunjung

Jangan lupa sholat, beramal sholeh, dan zakat - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Ilmu tidak bisa di dapat dengan badan yang santai

link otomatis