Senin, 07 Oktober 2013

Perkembang Biakan Hewan Dan Tumbuhan

A.     Makhluk Hidup

Makhluk hidup di dunia ini ada 3 yaitu : Manusia, Hewan , dan Tumbuhan yang
mempunyai  ciri-ciri tertentu, ciri-ciri makhluk hidup tersebut sebagai berikut:
1.      Makhluk hidup memerlukan makan
2.      Makhluk hidup bergerak
3.      Makhluk hidup mengalami pertumbuhan
4.      Makhluk hidup dapat berkembang biak
5.      Makhluk hidup dapat bernafas
6.      Makhluk hidup dapat menerima dan menanggapi rangsang

  Ø  Perkembangbiakkan Makhluk Hidup
Makhluk hidup memiliki ciri-ciri dapat berkemabang biak, yang dapat menghasilkan anak atau memperbanyak ketrunan hal itu merupakan tujuan makhluk hidup agar spesiesnya tidak punah, ketrunan dari anak-anak tersebut akan mewarisi induknya ,sifat-sifatnya secara jasmani
Perkembang biakan makhluk hidup tentu saja berbeda-beda, seperti hewan yang berkembnag biak dengan bertelur , melahirkan dan bertelur melahirkan atau seperti tumbuhan juga yang perkemabang biakannya dapat dilakukan secara alami dan buatan (yang dilakukan manusia)
a)      Perkembangbiakan Tumbuhan
Perkembang biakan tumbuhan dibagi menjadi 2 bentuk yaitu Vegetatif  dan Generatif , perkembang biakkan tumbuhan secara vegetatif  dibagi menjadi 2 lagi yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan.
·         Perkembangbiakan Tumbuhan  Secara Vegetatif
Perkembang biakan secara vegetatif  adalah perkembang biakan tumbuhan tanpa proses perkawinan atau tanpa melalui proses penyerbukkan yaitu bertemunya serbuk sari dengan putik. Perkembang biakan secara vegetatif hanya dilakukan oleh satu induk saja yang dimana keturunanya berasal dari bagain tubuh induknya yang secara tidak langsung keturunanya dapat memeiliki sifat yang sama dengan induknya.

§  Vegetatif Alami
Vegetatif alami adalah proses vegetatif tumbuhan tanpa bantuan dan campur tangan manusia atau terjadi secara alami, adapaun perkembang biakkan vegetatif alami adalah sebagai berikut:
1.      Membelah Diri
Tumbuhan tingkat rendah yang sering tak kasat mata terdiri dari satu sel berkembang biak dengan membelah diri yang dimana mereka akan membelah diri untuk mendapatkan ketrunan baru, adapun jenis-jenis tumbuhan  tingkat rendah tersebut misalnya adalah ganggang hijau.
2.      Spora
Tumbuhan yang berkembangbiak dengan spora antara lain adalah tumbuhan paku, jamur , dang ganggang. Bentuk sepora itu sendiri adalah seperti biji namun kecil dan hanya dapat di lihat dengan mikroskop, tempat spora disebut dengan sporangium .Seperti pada jamur ketika spora itu masak maka akan pecah dan menyebar dan tumbuh menjadi hifa (Benang-benang yang menyusun tubuh jamur) yang akan membentuk cabnag yang disebut rizhoid, rizhoid akan melekatkan diri pada tempat dan tumbuhlah jamur baru
3.      Akar Tinggal (Rhizoma)
Akar tinggal (Rhizoma) adalah proses perkembangbiakkan vegetatif alami dengan media akar / batang yang tertanaam dalam tanah. Ciri-Ciri dari akar tinggal adalah sebagai berikut:
·         Bentuknya seperti akar tetapi berbuku-buku
·         Di setiap buku terdapat seperti daun
·         Dalam setiap sisik terdapat tunas
Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan akar tinggal adalah jahe,lengkuas,temulawak, kunyit dan rumput.
4.      Umbi Lapis
Umbi lapis contohnya adalah bawang merah dan bawang putih diamana di dalam batangnya berbuku-buku dan memiliki satu atau dua daun di atasnya, dari setiap buku di dalam batang tersebut akan tumbuh tunas, contoh lain dari tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi lapis adalah bunga bakung dan bunga tulip.
5.      Umbi Batang
Mungkin kita semua pernah melihat ubi jalar dan kentang yang memiliki batang di dalam tanah, batang tersebut menengembung dan membentuk zat tepung. Proses pertumbuhanya adalah dengan cara mengambil sebagian umbi lalu tanam lagi di dalam tanah maka secara alami akan tumbuh tunas dari umbi yang kita tanam tadi.
6.      Umbi Akar
Umbi akar adalah umbi yang berasal dari akar yang menggelembung diaman contoh dari umbi akar adalah bunga dahlia dan wortel, tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi akar memiliki ciri-ciri sebagai berikut yaitu:
·         Tidak berbuku-buku
·         Tidak mempunyai kuncup daun
·         Tidak mempunyai mata tunas
Proses perkembangbiakkanya adalah dengan  secara langsung menanam umbi tersebut dan otomatis akan tumbuh tunas.
7.      Geragih
Batang yang tumbuh dan menjalar di atas dan dibawah tanah disebut geragih, batang yang berbuku-buku di atas dan didalam tanah tersebut dapat tumbuh menjadi tunas-tunas baru. Contoh dari tumbuhan yang bergeragih adalah rumput teki.
8.      Tunas             
Tunas adalah salah satu perkembang biakkan tumbuhan, contohnya adalah pohon pisang di sekitar pohon pisang akan terdapat tunas diamana tunas-tunas itu akan membentuk rumpun di sekitar pohon induk.

·         Vegetatif Buatan
Vegetatif buatan adalah perkembang biakkan tumbuhan dengan bantuan manusia. Contoh dari vegetatif buatan adalah sebagai berikut :
1.      Cangkok
Cangkok adalah proses perkembang biakkan tumbuhan dengan cara mengambil sebagian bataang tumbuhan yang akan di cangkok dengan cara mengupas kulit batang dari induk tumbuhan kemudian dibungkus dengan plastik yang disii tanah subur tunggu samapi tumbuh akar didalam tanah tersebut.

2.      Setek
Setek seperti proses cangkok setek dibagi menjadi 2 jenis yaitu setek batang dan daun
Setek batang adalah proses penyetekkan denganmenanam secara langsung batang ke dalam tanah tanpa menunggu tumbuhnya akar. Setek daun adalah dengan menanam daun didalam tanah dari tumbuhan yang ingin di setek maka secara alami akan tumbuh tunas dari daun tersebut, tumbuhan yang dapat dilakukan setek daun adalah tumbuhan cocor bebek, sri rejeki dan  begonia.

3.      Tempel (Okulasi)
Tempel (Okulasi) adalah dengan menyatukan batang yang tumbuh dengan batang yang kita ambil dengan cara diikat dan dibungkus yang secara alami akan menyatu menjadi satu batang.

4.      Sambung Pucuk (Enten)
Sama dengan proses okulasi hanya saja bagian atas yang di tempelkan haruslah bagian pucuk dari tumbuhan. Jenis tumbuhan yang dapat dilakukan teknik sambung pucuk adalah tanaman hias,  dan perkebunan seperti : jambu,durian,dll.

5.      Runduk
Adalah proses perkembangbiakkan tumbuhan dengan cara mengubur sebagian batang secara langsung kedalam tanah sehingga secara alami akan muncul dari batang yang kita kubur tadi

·         Perkembangbiakkan Tumbuhan Secara Generatif
Perkembangbiakkan tumbuhan secara generatif adalah perkembangbiakkan tumbuhan melalui proses penyerbukkan yang sering dialami oleh tumbuhan berbiji. Penyerbukkan adalah proses jatuhnya serbuk sari ke dalam kepala putik yang akan diikuti dengan pembuahan dan jika pembuahan berhasil maka pembuahan akan menghasilkan biji dan bila jatuh ketanah maka akan menghasilkan tumbuhan baru.
Pernyerbukkan dapat melalui berbagai cara yang berdasarkan penyebaran serbuk sari , antara lain sebagai berikut:
a.       Penyerbukkan Sendiri : Serbuk sari jatuh ke kepala putik dalam satu bunga
b.      Penyerbukkan tetangga : Serbuk sari jatuh ke kepala putik namun putik bunga yang lain, tetapi masih dalam satu jenis tumbuhan
c.       Penyerbukan silang : Serbuk sari jatuh ke kepala putik yang berbeda bunga dan berbeda pohon namun dalam satu jenis tumbuhan.
d.      Penyerbukkan bastar : serbuk sari jatuh ke kepala putik yang berbeda bunga dan berbeda pohon pula dan jenisnya beda namun varieatasnya sama.
Proses penyerbukkan dapat dibantu dengan makhluk hidpu lain seperti serangga dan unsur abiotik yaitu air dan angin.


b)      Perkembangbiakkan Hewan
Sepeti halnya tumbuhan hewanpun dapat berkembang biak dengan berbagai cara adalah sebagai berikut:
1.      Membelah Diri
Ada jenis hewan yang berkembang biak dengan cara membelah diri adalah jenis hewan tingkat rendah yaitu jenis protozoa, yang termasuk jenis hewan protozoa seperti Amoeba yang memilik sel satu diamana perkembang biakkanya dilakukan dengan cara membalah dirinya.

2.      Bertelur (Ovipar)
Bertelur adalah salah satu cara perkembangbiakkan hewan, yang paling sering berkembangbiak dengan bertelur adalah unggas ,ikan dan hewan amfibi.
Ciri-ciri hewan yang bertelur adalah
a.       Tidak mempunyai daun telinga
b.      Tubuh berbulu
c.       Tidak mempunayi kelenjar susu
d.      Telur dilindungi oleh cangkang
e.       Mengerami

3.      Melahirkan (Vivipar)
Berebeda dengan bertelur melahirkan adalah perkembang biakkan makhluk hidup yang dilakukan tanpa mengerami telurnya, dan proses pembuahan terjadi di dalam perut.
Ciri-Ciri hewan yang melahirakn        
a.       Mempunyai daun telinga
b.      Mempunyai kelnjar susu
c.       Tidak mengerami
d.      Mengalami masa kehamilan.

4.      Bertelur Melahirkan (Ovovivipar)

Cara perkembangbiakkan secara bertelur melahirakan adalah proses dimana hewan tersebut bertelur namun ketika dikeluarkan telur tersebut langsung berupa calon bayi bukan seperti telur, hewan yang mengalami jenis perkembangbiakkan bertelur melahirkan adalah sebagian jenis ular , kadal, dll. 




Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA BERKOMENTAR DAN UNGKAPKAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL INI.

NO SARA
NO PORNOGRAFI
NO SPAM
NO LINK ON
NO LINK OFF

JANGAN LUPA UNTUK SELALU MEMBAGIKAN ARTIKEL INI KE JEJARING SOSIAL YANG ANDA SUKA YA :)

Pesan Untuk Pengunjung

Jangan lupa sholat, beramal sholeh, dan zakat - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Ilmu tidak bisa di dapat dengan badan yang santai

link otomatis