Jumat, 20 Desember 2013

Air Terjun Payakumbuh di Ngarai Harau

Lembah Harau merupakan objek wisata yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Sumatra Barat, sampai ada pernyataan bahwa kurang lengkap rasanya ke Sumatra Barat tanpa mampir dulu ke Lembah Harau. Harau merupakan sebuah jurang/lembah yang sangat besar dan dikelilingi oleh tebing-tebing batuan granit setinggi ratusan meter dilengkapi juga dengan 6 buah air terjun yang masih sangat alami. Berlokasi di Kabupaten Lima Puluh Kota, dapat ditempuh sekitar 1 jam dari Bukittinggi dan 1/2 jam saja dari kota Payakumbuh, akses menuju lokasi juga sangat mudah karena dilengkapi dengan jalan yang baik dan sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang memukau dengan barisan tebing-tebing tinggi pencakar langit diantara persawahan yang hijau menguning.

Rasa kagum terhadap ciptaan Tuhan adalah rasa pertama yang terlintas ketika memasuki Lembah Harau, berada di kawasan ini serasa kita sedang berada di sebuah benteng alam raksasa yang dikelilingi dinding tinggi menjulang, di pinggirannya mengalir sungai-sungai jernih yang airnya bersumber dari air terjun yang jatuh dari pinggiran tebing. Konon dulu ada cerita rakyat bahwa kawasan Lembah Harau dulunya adalah lautan dan tebing-tebing tinggi tersebut adalah daratannya yang terdapat istana di atasnya. Pada waktu itu ada seorang putri raja yang memutuskan untuk terjun ke laut karena cintanya pada seorang pria tidak direstui oleh sang ayah. Raja pun mencari putrinya namun tidak juga ditemukan, akhirnya raja memutuskan untuk mengeringkan lautan untuk menemukan putrinya, dan lautan yang kering itupun sekarang menjadi Lembah Harau.

Keindahan kawasan wisata Lembah Harau sangat lengkap, sejak awal memasuki kawasan wisata Harau kita akan disuguhi pesona dari jurang/celah alam, air terjun, tebing dan beberapa gua. Selain Air Terjun Lembah Harau, ada juga cagar alam dan suaka margasatwa yang juga merupakan tempat konsevasi bagi beberapa hewan yang dilindungi seperti Monyet Ekor Panjang, Siamang, Harimau Sumatera, Beruang, Tapir, Landak, Burung Kuau, dll. Lokasi wisata Harau ini terbagi menjadi 2, yaitu Sarasah Bunta, merupakan kawasan bagi yang ingin menikmati suasana lebih alami karena disini terdapat 5 buah air terjun dengan kolam penampungan air terjun yang masih alami dengan pemandangan asrinya. Lokasi lain yaitu Akar Berayun, disini telah terdapat kolam renang sehingga lebih enak untuk yang ingin berenang, di kawasan ini juga terdapat fasilitas lengkap seperti perkemahan, kolam renang dan jalan setapak yang dapat digunakan untuk hiking, serta dilengkapi dengan cottage dan resort.

Mungkin ada yang bertanya apa perbedaan antara wisata Ngarai Sianok yang ada di Bukittinggi dengan Lembah Harau yang ada di Payakumbuh, bukannya sama-sama merupakan ngarai/lembah. Bedanya pada ngarai sianok bukit dan tebingnya tidak berbatu cadas seperti di Lembah Harau dan di Harau terdapat banyak air terjun, namun keduanya tetap memiliki pesonanya tersendiri. Di Harau juga karena banyak tebing curam maka sering dijadikan ajang olahraga ekstrim rock climbing baik bagi turis lokal maupun mancanegara.

Hal lain yang membuat kawasan Lembah Harau ini unik dan menarik adalah terdapatnya lembah echo, yaitu sebuah lembah yang jika kita berteriak disana akan menghasilkan gema sempurna. Di lembah Echo tersebut terdapat sebuah spot yang dijadikan acuan tempat kita untuk berteriak, dan setelah suara pertama terdengar maka akan disusul oleh gema/echo lain sebanyak 7 kali secara sempurna, konon tempat yang menghasilkan echo sempurna seperti ini cuma ada satu di dunia yaitu di Lembah Harau. Karena keindahannnya pula mulai tahun ini Lembah Harau dijadikan sebagai rute baru lomba balap sepeda Tour de Singkarak yang bertujuan untuk mempromosikan wisata Lembah Harau ke dunia. Pokoknya bila berwisata ke Sumatra Barat jangan lupa menyempatkan singgah ke Lembah Harau karena pemandangan yang disajikan sangat mamanjakan mata yang menatapnya.



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA BERKOMENTAR DAN UNGKAPKAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL INI.

NO SARA
NO PORNOGRAFI
NO SPAM
NO LINK ON
NO LINK OFF

JANGAN LUPA UNTUK SELALU MEMBAGIKAN ARTIKEL INI KE JEJARING SOSIAL YANG ANDA SUKA YA :)

Pesan Untuk Pengunjung

Jangan lupa sholat, beramal sholeh, dan zakat - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Ilmu tidak bisa di dapat dengan badan yang santai

link otomatis