Rabu, 01 Januari 2014

Ilmu Ekonomi

Pengertian Ilmu Ekonomi 


Artikel ini memberikan penjelasan dan kumpulan Pengertian Ilmu Ekonomi. Ilmu ekonomi adalah ilmu yang tertua di dunia, karena masalah ekonomi adalah pangkal dari masalah manusia secara manusia pertama ada ribuan tahun lalu. Memang,  saat awal kehidupan istilah ekonomi belum ada, tapi masalah ekonomi sudah ada.

Ilmu ekonomi merupakan kajian yang mempelajari usaha-usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang relatif tidak terbatas, sedangkan alat pemenuhan kebutuhan berupaya sumber daya alam terbatas. Dengan melihat pengertian tersebut, maka jelas sekali ilmu ekonomi dipelajari karena adanya kesenjangan antara sumber daya alam yang tersedia dengan kebutuhan manusia. Ilmu ekonomi dipelajari untuk mengatasi kesenjangan kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan sumber daya alam yang terbatas. Dengan adanya ilmu ekonomi, manusia memiliki kemampuan menggunakan sumber daya alam yang terbatas tersebut untuk memberikan kepuasan maksimum. Mau tidak mau, manusia harus memilih dari berbagai kemungkinan pilihan yang tersedia.

Pengertian Ilmu Ekonomi, dimana Ilmu ekonomi membimbing manusia memilih kebutuhan yang memberikan untung terbesar. Keterbatasan sumber daya ini membuat manusia harus mengutamakan kepentingan yang satu demi kepentingan yang lain, misalnya banyak orang tua yang terpaksa mengorbankan kepentingannya untuk berlibur demi biaya pendidikan anaknya. Kesimpulannya, ilmu ekonomi bertujuan memberikan panduan bagi manusia dalam mengambil keputusan terhadap pilihan yang ada yang terbatas tersebut.

Kumpulan Pengertian Ilmu Ekonomi



Yang dikenal sebagai Bapak Ilmu Ekonomi adalah Adam Smith, yang memperkenalkan konsep pasar persaingan sempurna yang mengarah pada liberalisme ekonomi, yang juga dikenal sebagai teori ekonomi klasik.
Pengertian Ilmu Ekonomi lainnya adalah sebagai berikut:
- Ekonomi poliitik (political economy) merupakan studi mengenai kegiatan, menggunakan uang atau tidak menggunakan uang, melibatkan pertukaran antar-manusia.
- Ilmu ekonomi merupakan kajian mengenai penentuan pilihan yang benar dan tepat dalam memanfaatkan sumber-sumber produktif berupa barang modal, mesin, tenaga kerja, tanah dan skill, untuk memproduksi berbagai jenis barang, menyalurkannya (distribusi) kepada para konsumen.
- Ilmu ekonomi merupakan kajian mengenai manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari serta menikmati hasil pemenuhan kebutuhan tersebut.
- Ilmu ekonomi adalah studi mengenai kekayaan manusia.
- Ilmu ekonomi merupakan studi mengenai bagaimana caranya memperbaiki kesejahteraan masyarakat.

Pokok-pokok Ilmu Ekonomi

Dari ulasan di atas dapat diketahui pokok-pokok Pengertian Ilmu Ekonomi adalah:

1. Masalah pemilihan (problem of choice), yakni bagaimana cara-cara menentukan penggunaan sumber-sumber daya produksi  untuk berbagai alternatif. Jadi, satu jenis barang tidak hanya digunakan untuk satu jenis kebutuhan. Misalnya tanah, selain bisa digunakan sebagai alas bangunan, juga bisa digunakan untuk persawahan.
2. Sumber-sumber daya ekonomi merupakan barang terbatas, bahkan langka. Artinya menggunakan sumber-sumber daya ekonomi harus tepat dan cermat.
3. Penggunaan uang. Uang dikatakan sebagai soal kedua, setelah penentuan pilihan ekonomi dalam produksi. Bagaimanapun pentingnya uang dalam ekonomi, tapi proses produksi tidak harus berhenti jika tidak ada uang.
4. Pembagian hasil produksi untuk dikonsumsi oleh anggota masyarakat. Pembagian hasil produksi dalam masyarakat kapitalis berbeda dengan pembagian hasil produksi dalam masyarakat komunis. Dalam masyarakat kapitalis, barang didistribusikan melalui transaksi jual beli, sementara dalam masyarakat komunis, berdasarkan hasil kerja dan kebutuhannya.
Dari segi ilmu, ilmu ekonomi dibagi menjadi dua, yakni:
1. Ilmu murni (pure science) yang bertugas menyempurnakan kajian ilmu ekonomi.
2. Ilmu terapan (applied science), yakni ilmu terapan yang digunakan dalam praktek kehidupan sehari-hari.
Jika dilihat dari objek, ilmu ekonomi dan Pengertian Ilmu Ekonomi terbagi menjadi dua macam, yakni ekonomi mikro dan ekonomi makro.
Ekonomi makro dan ekonomi mikro memiliki persamaan, yakni sama-sama mempelajari bagaimana cara manusia berupaya mencukupi kebutuhan hidupnya yang demikian banyak dan beragam, sementara sumber daya hanya terbatas. Perbedaannya, adalah ilmu ekonomi mikro mengkhususkan kajiannya pada perilaku individu para pelaku ekonomi, sementara ilmu ekonomi makro mengkhususkan bahasannya pada fenomena-fenomena ekonomi secara menyeluruh atau secara umum.
Contoh ekonomi mikro, yakni perilaku pengusaha dalam menginvestasikan uangnya, apakah ke pertambangan atau perdagangan atau usaha lainnya demi mendapatkan keuntungan maksimal dengan potensi yang ada. Yang dimaksud dengan individu bukan saja orang, tetapi juga badan usaha (hukum), seperti Koperasi, Yayasan, Perseroan Terbatas, Perseroan Daerah, dan sebagainya. Memang badan-badan hukum ini memiliki anggota yang banyak, namun mereka semua bertindak demi satu kepentingan, yakni kepentingan dan tujuan badan usaha tersebut. Sedangkan contoh ekonomi makro adalah pembahasan mengenai pertumbuhan ekonomi secara umum, tidak hanya pertumbuhan ekonomi satu atau dua perusahaan.

Sekian Artikel dari ILMU 212 semoga dapat bermanfaat bagi para pembacanya. dan saya selalu berharap bahwa Artikel yang saya Postkan ini dapat berguna bagi semua orang Amin.
sampai jumpa lagi di Artikel Berikutnya. 



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA BERKOMENTAR DAN UNGKAPKAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL INI.

NO SARA
NO PORNOGRAFI
NO SPAM
NO LINK ON
NO LINK OFF

JANGAN LUPA UNTUK SELALU MEMBAGIKAN ARTIKEL INI KE JEJARING SOSIAL YANG ANDA SUKA YA :)

Pesan Untuk Pengunjung

Jangan lupa sholat, beramal sholeh, dan zakat - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Ilmu tidak bisa di dapat dengan badan yang santai

link otomatis