Sabtu, 04 Januari 2014

Inovasi Kita Urutan Ke-100

Beberapa waktu lalu saya membaca berita bahwa Indonesia berada di urutan ke-100 dalam daftarGlobal Innovation Index 2012. Posisi Indonesia jauh di bawah Singapura (3), Malaysia (32), dan Thailand (57). Kondisi itu tentu mengkhawatirkan kita karena salah satu faktor yang membuat sebuah negara tumbuh menjadi negara maju adalah tingkat inovasinya.


Ada beberapa faktor kenapa Indonesia kalah dari negara-negara tetangga kita itu. Misalnya saat diperbandingkan dengan Malaysia, negara yang paling dekat dengan kita secara budaya. Dari sisi kestabilan politik dan efektivitas pemerintahan, Indonesia disebutkan kalah dari Malaysia. Dalam hal belanja pendidikan untuk riset dan pengembangan (R&D) juga kalah. Kita juga tertinggal dalam jumlah peneliti, jumlah artikel sains dan teknologi yang diterbitkan, sirkulasi koran, hingga jumlah bisnis baru yang muncul. Malahan Indonesia tertinggal dalam hal jumlah video yang di-upload ke YouTube, websiteberbagi video terbesar di dunia. Semua itu memberi kontribusi pada penentuan indeks tersebut.

Indeks itu hanyalah satu indikator yang dibuat berdasarkan suatu kajian tertentu. Karena itu kita harus menghormatinya. Tetapi sebagai bangsa, kita pasti punya gengsi: kita harus bangkit. Saya yakin kita tidak kalah dengan bangsa lain bahkan dalam beberapa hal kita unggul dan sudah diakui. Cuma, kenapa di satu sisi ada yang inovatif tapi di pihak lain justru sebaliknya?

Saya sering bertemu tokoh-tokoh bisnis nasional yang sudah terbukti dan diakui inovasinya baik di Tanah Air maupun dunia internasional. Mereka bilang, di antara kiat suksesnya menjadi orang inovatif adalah berani menghadapi tantangan dan tak takut menghadapi perubahan. Tantangan dan perubahan adalah dua hal yang bisa memacu kreativitas. Jika kita fokus menghadapinya, justru itu merangsang inovasi.

Karena itu saya harapkan pada semua pihak, terutama anak muda, untuk bangkit dan buatlah inovasi-inovasi baru demi bangsa. Tantangan yang sedang kita hadapi ini adalah sumber inovasi kita. Mari berjuang. Be creative, be innovative! Salam sukses, luar biasa!


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA BERKOMENTAR DAN UNGKAPKAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL INI.

NO SARA
NO PORNOGRAFI
NO SPAM
NO LINK ON
NO LINK OFF

JANGAN LUPA UNTUK SELALU MEMBAGIKAN ARTIKEL INI KE JEJARING SOSIAL YANG ANDA SUKA YA :)

Pesan Untuk Pengunjung

Jangan lupa sholat, beramal sholeh, dan zakat - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Ilmu tidak bisa di dapat dengan badan yang santai

link otomatis