Sabtu, 04 Januari 2014

Mandela Memimpin Dengan Hati

Dunia pantas mengenang Nelson Mandela (1918-2013) bukan karena ia adalah penggerak penghapusan sistem Apartheid di Afrika Selatan dan menjadi tokoh Afrika yang paling fenomenal. Kehidupannya juga membawa pesan moral yang universal, yang berlaku dan bisa diterapkan di mana saja.


Meski masa lalunya lebih seperempat abad dihabiskan di dalam penjara, ia tak kehilangan wisdom-nya. Sekeluar dari penjara dan arus politik kemudian menasbihkannya menjadi orang kulit hitam pertama yang jadi Presiden Afrika Selatan, ia tak serta-merta jemawa. Kekuasaannya tak ia gunakan untuk membalas dendam pada lawan-lawan politik (kaum kulit putih) yang dulu memenjarakannya. Malahan sebaliknya, ia merangkulnya demi membangun Afrika Selatan ke arah lebih baik.

Ia bukan tak mendapat tekanan dari kaum kulit hitam yang menghendakinya melakukan balas dendam. Namun demi tujuan lebih besar, ia mampu meredam bujukan itu.

"Saya berjuang menentang dominasi kulit putih dan saya berjuang menentang dominasi kulit hitam,” katanya mengenai himpitan dua arah itu sebelum dan sesudah apartheid runtuh. “Saya membawa gagasan untuk cita-cita sebuah masyarakat demokratis dan bebas, di mana semua orang hidup dalam harmoni dan kesempatan yang sama,” katanya. Dari ungkapannya tergambar pribadinya yang matang.

Seperti itulah seorang tokoh sejarah yang memimpin negerinya dengan sepenuh hati. Pernah suatu kali ia berujar, “A good head and a good heart are always a formidable combination,” katanya. Kepala (pikiran) yang dingin dan hati yang baik selalu menjadi kombinasi yang tangguh. Dengan cara inilah ia memimpin. Karena hatinya yang tulus, ia menjadi cahaya kedamaian, tak hanya di Afrika Selatan, atau di benua Afrika, tetapi memberi cahaya baru ke seluruh dunia. Pantas ia meraih Nobel Perdamaian pada tahun 1993 bersama-sama lawan politiknya, Frederik Willem de Klerk. Dan pantas juga dunia mengenangnya.

Selamat jalan, Nelson Mandela. Dunia pasti mengenangmu.

Sekian Artikel dari ILMU 212 semoga dapat bermanfaat bagi para pembacanya. dan saya selalu berharap bahwa Artikel yang saya Postkan ini dapat berguna bagi semua orang Amin.

sampai jumpa lagi di Artikel Berikutnya. 



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA BERKOMENTAR DAN UNGKAPKAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL INI.

NO SARA
NO PORNOGRAFI
NO SPAM
NO LINK ON
NO LINK OFF

JANGAN LUPA UNTUK SELALU MEMBAGIKAN ARTIKEL INI KE JEJARING SOSIAL YANG ANDA SUKA YA :)