Rabu, 01 Januari 2014

Nilai Kebaikan

Saat akan berbuat baik, mungkin banyak di antara kita yang kerap bertanya-tanya atau berharap apa kira-kira manfaat yang bisa didapat atau keuntungan apa yang akan diperoleh. Namun berhitung seperti itu justru tak pernah mendatangkan kebaikan karena kita akan selalu mengukur perbuatan baik kita secara matematis. Kita membantu karena ingin dipuji orang. Kita menyumbang karena berharap disebut sebagai orang baik.


Saya percaya ketulusan adalah nyawa dari perbuatan baik. Perbuatan baik akan bernilai jika kita tulus melakukannya. Ada pepatah bijak yang menyebutkan bahwa siapa yang berbuat baik maka ia akan mendapat balasan baik pula. Dan siapa yang berbuat sebaliknya akan mendapat hal yang sebaliknya pula.

Netter yang luar biasa,
Tema itulah yang saya bahas pada talkshow di Radio Sonora Network pada Senin pagi (2/4), yaitu: Nilai Kebaikan. Seperti apa nilai kebaikan itu? Seorang pendengar menelepon ke studio dan menyebutkan tema itu terjadi padanya. Katanya, selama ini ia menyelenggarakan kegiatan untuk membantu para pengusaha UKM mengembangkan usahanya atau membantu mereka yang ingin menjadi pengusaha. Kegiatan itu ia lakukan tanpa pamrih dan semata-mata untuk membantu.

Suatu ketika ia mendapat tawaran dari seseorang yang merasa telah terbantu dengan program itu. Yang mengejutkannya, tawaran itu ternyata merupakan impian dia selama ini. Pesan yang ingin disampaikannya, kebaikan akan berbuah kebaikan pula bahkan lebih besar dari yang dilakukannya.

Itu hanya satu ilustrasi. Dan kita semua pasti pernah mengalami hal semacam itu. Kita tiba-tiba mendapat bantuan yang tak disangka-sangka dari seseorang yang dulu pernah kita bantu. Bantuan itu mungkin jadi penolong kita, mungkin pula merupakan kesempatan baik yang jika dikelola akan menjadi jalan menuju sukses luar biasa.

Ilustrasi lainnya saya ambil dari CD-Audio Book Wisdom & Success #2, cerita ke-7 dengan judul "Susu dan Sepotong Roti" yang menjadi pembuka di talkshow tadi. Karena itu, mari biasakan berbuat baik dan jadikan ia bagian dari karakter hidup kita. Orang-orang sukses adalah mereka yang terbiasa menyebarkan nilai kebaikan. Dan tentu saja kita bisa jadi bagian dari mereka.
Salam sukses luar biasa!


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA BERKOMENTAR DAN UNGKAPKAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL INI.

NO SARA
NO PORNOGRAFI
NO SPAM
NO LINK ON
NO LINK OFF

JANGAN LUPA UNTUK SELALU MEMBAGIKAN ARTIKEL INI KE JEJARING SOSIAL YANG ANDA SUKA YA :)

Pesan Untuk Pengunjung

Jangan lupa sholat, beramal sholeh, dan zakat - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Ilmu tidak bisa di dapat dengan badan yang santai

link otomatis