Rabu, 05 Maret 2014

Menurunkan Kolesterol dan Trigliserida

kali ini aku mau coba buat artikel berjudul Menurunkan Kolesterol dan Trigliserida mau atau apa itu  Kolesterol dan Trigliserida yuk kita simak bareng2 aja yah.

Tidak dipungkiri lagi bahwa kolesterol tinggi merupakan salah satu dari penyakit yang beresiko menyebabkan kematian. Kolesterol yang menumpuk bisa mencemari pembuluh darah, menyebabkan plak, dan akhirnya menyumbat pembuluh darah. Apa yang terjadi bila aliran darah tersumbat. Organ tubuh kita mendadak menjadi mogok apalagi bila yang mogok adalah organ vital, seperti jantung dan otak, tentu saja nyawa menjadi terancam.

Kadar kolesterol dapat diturunkan dengan cara alami, yaitu dengan cara menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Makanan yang kita makan sangat mempengaruhi kadar kolesterol didalam tubuh kita.
Yang perlu diperhatikan adalah kita harus menurunkan kadar Low Density Lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat serta trigliserida yang menyebabkan plak dipembuluh darah dengan cara mengurangi asupan lemak jenuh dan menaikkan kadar High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.
Lemak jenuh biasanya ditemukan di produk hewani misalnya daging, susu, krim, mentega, dan keju. Sedangkan lemak jenuh yang berasal dari nabati misalnya santan, minyak kelapa.
Hal-hal yang sebaiknya dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol :
- Perbanyak makanan yang mengadung Omega-3 karena OMEGA-3 mencegah penggumpalan di pembuluh darah. Sumber OMEGA-3 bisa didapat dari, misalnya : ikan salmon, ikan teri, ikan marlin, ikan kakap, ikan tuna, ikan lemuru. Cara memasaknya dapat direbus, disayur atau dipepes.
- Perbanyak makanan yang mengandung B3 atau niasin, karena niasin akan menurunkan kolesterol dan mencegah penggumpalan darah. Niasin terdapat didalam kulit beras, kacang tanah, tahu, tempe, ragi.
- Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat juga sangat bagus dalam menurunkan kadar kolesterol karena serat akan menghambat penyerapan kolsterol. Misalnya bubur gandum, beras merah, kacang-kacangan, sayur-sayuran, buah-buahan.
- Konsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan, karena antioksidan akan mencegah oksidasi LDL yang akan bergerak di pembuluh darah. Makanan yang mengandung antioksidan terdapat didalam makanan yang mengandung selenium, dan vitamin C, vitamin E.
- Perbanyak aktifitas fisik seperti olahraga teratur 3 kali seminggu, misalnya engan berjalan kaki tiap hari 30-40 menit dipagi hari.
- Jaga berat badan tubuh , apabila anda termasuk orang yang gemuk maka turunkan berat badan anda ke posisi berat badan ideal.
Makanan yang harus dihindari dan dibatasi adalah :
1. Makanan yang banyak mengandung kolesterol misalnya telur puyuh, babat, kulit, gajih, kikil, jeroan, dll.
2. Makanan yang harus dibatasi misalnya mentega, margarin, kuning telur ayam/ bebek, seafood, ikan belut, keju, santan, minyak kelapa sawit, susu full cream, gula pasir, soft drink, madu, sirup, selai, dll.
Dengan menghindari dan membatasi makan-makanan yang mengandung kolesterol tinggi serta banyak makan-makanan yang membantu menurunkan kolesterol maka anda telah menjaga aset yang paling berharga dalam hidup anda yaitu kesehatan.

selesai sudah artikel kali ini jangan kemana mana tetap di ilmu212 hehehe kaya di tv aja. yuk baca yg lainnya



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA BERKOMENTAR DAN UNGKAPKAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL INI.

NO SARA
NO PORNOGRAFI
NO SPAM
NO LINK ON
NO LINK OFF

JANGAN LUPA UNTUK SELALU MEMBAGIKAN ARTIKEL INI KE JEJARING SOSIAL YANG ANDA SUKA YA :)

Pesan Untuk Pengunjung

Jangan lupa sholat, beramal sholeh, dan zakat - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Ilmu tidak bisa di dapat dengan badan yang santai

link otomatis