Selasa, 09 April 2013

Cara Memperbaiki Cartridge Printer yang Rusak | Kering | Tersumbat



 Cara-Memperbaiki-Cartridge-Printer-tinta-canon-hp-epson

Cara Memperbaiki Cartridge Printer - Disini saya akan membahas cara memperbaiki catridge printer yang rusak maupun kering baik khususnya Canon (berhubung karna printer yg sering saya pakai adalah merek tsb.) berdasarkan pengalaman pribadi saya. pertama kita memulai dari masalah ringan :


1. Hardware
 Masalah dan Solusi : 
- Printer Lama gak di pakai/digunakan : 
Bila Printer sudah lama tidak dipakai, kemudian ingin diperbaiki lagi, alangkah baiknya cartridge printer direndam diair hangat (untuk memperlancar tinta yang beku). Air hangat harus merendam bagian bawah dan bagian samping cartridge.
Rendam selama -/+ 15 menit, kemudian tiriskan sampai kering (bisa di lap perlahan dengan kain halus).
Silakan isi Cartridge dengan tinta printer  (jika tinta kosong).
pasangkan kembali Cartridge ke printer
silakan nyalakan printer anda, jangan lupa driver sudah di install terlebih dahulu.
- Tinta Tersumbat :
Bersihkan tinta printer dengan selembar kertas  tissue yang telah di rendam sebentar dengan air hangat dengan cara lap kertas `tissue‘ basah pada head (lubang penyemprotan tinta). Apabila ada tanda tinta pada kertas `tissue’, berarti masih ada lubang penyemprotan tinta yang (masih) dapat mengeluarkan tinta /tidak tersumbat atau (mungkin) tinta kering yang menyumbat telah mencair. Cobalah untuk test printing tinta printer yang tersumbat tersebut
Jika cara di atas tetap tidak berhasil, kita bisa mencoba dengan air lebih hangat (60-70 derajat celcius) dengan cara merendam cartridge selama 10-15 menit untuk mencairkan lubang tinta yang kering tersebut. Coba lagi untuk test printing
Jika 2 cara di atas tidak mampu mengatasi cartridge printer yang tersumbat, maka kemungkinan cartridge tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi.

2. Software
Silakan anda download software Resetter (iPTool 1.1.4) untuk tipe printer Canon: IP1200, IP1300, IP1600, IP1700, IP1800, IP1880,IP2200, IP2500. [ Download disini ].
Jalankan program iPTool.exe
Lihat menu Reset Counters,  pada submenu Ink Counter silakan klik “Reset Black”, lalu muncul kotak dialog silakan anda pilih yes, lakukan hal yang sama pada “Reset Color”.
Lihat menu dibawahnya yaitu Waste Ink Counter, silakan klik “Reset Main”, lalu muncul kotak dialog, pilih saja yes. Lakukan hal yang sama pada “Reset Platen”.
Lihat menu EEPROM Operations lalu klik “Reset”, kemudian muncul kotak dialog pilih saja yes.
Selesai, klik Exit.
Tambahan + :
- Bila Tinta putus-putus saat mengeprint bisanya jenis kerusakan ini disebabkan oleh beberapa sebab, bisa disebabkan karena cartigetersumbat, dan juga bisa karena kuningan yang berada dicatrige kotor, jika kotor cukup kita bersihkan saja, mengunakan tisu maupun kain halus, bisa juga menggunakan alcohol

- Proses perendaman kedalam air bisa perhatikan gambar diatas. semoga berhasil 


Artikel Terkait:

Pesan Untuk Pengunjung

Jangan lupa sholat, beramal sholeh, dan zakat - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Ilmu tidak bisa di dapat dengan badan yang santai

link otomatis