Minggu, 09 September 2012

Cara mengatasi sakit pinggang

Post ini request dari http://www.facebook.com/danang.budiyono
Sakit pinggang sering menyerang seseorang tanpa pandang bulu, baik itu pekerja keras atau pun pekerja kantoran. Sakit Pinggang bisa terjadi karena adanya gerakan badan yang mendadak dan dengan sedikit mengencang otot. Sakit Pinggang ini ada hubungannya dengan susunan dan fungsi tulang belakang. Tulang belakang tersusun oleh beberapa ruas yang membentuk kesatuan fungsi, sehingga dapat melakukan gerakan yang diinginkan seperti berdiri, duduk, jongkok, membungkuk memutar atau miring.
Deretan tulang belakang tersebut membentuk lengkungan kedepan pada daerah leher dan pinggang serta lengkungan ke belakang pada daerah dada dan pinggul. Di antara tulang belakang yang satu dengan yang lainnya terdapat persendian sehingga memungkinkan gerakan berputar ke kanan dan ke kiri. Apabila terjadi gerakan yang tiba-tiba, maka bagian saraf daerah tersebut akan terganggu. Berikut beberapa cara untuk mengatasi encok/sakit pinggang tersebut.


1. Untuk sedikit meringankan dan meredakan otot yang terasa tegang, berdirilah dengan tegak dan julurkan tangan lurus di depan tubuh. Lalu, gerakkan tubuh dengan membungkuk, kemudian kembali tegak sambil meletakkan kedua telapak tangan di panggul sambil menekan daerah panggul ke depan dua kali. Lakukan gerakan-gerakan ini secara berulang-ulang hingga otot bagian punggung sedikit demi sedikit terasa ringan dan nyaman.

2. Jika masih belum berangsur sembuh, hangatkan daerah punggung dengan cara mengompres atau menempelkan sesuatu yang dingin ke daerah punggung. Bisa juga dengan berendam di air yang hangat sambil mengistirahatkan tubuh.
3. Lengkapi penyembuhan di atas dengan minum jahe campur.
Caranya, sediakan 25 gram jahe merah segar, 25 gram temu hitam segar, 30 gram akar sawi langit segar, dan 30 gram daun dewa segar. Rebus semua bahan dalam 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Air rebusan kemudian disaring dan diminum selagi masih hangat. Lakukan terapi ini secara teratur.

Bila hal tersebut diatas dilakukan dengan rutin,mudah-mudahan rasa sakit pada pinggang akan berangsur-angsur membaik. Namun bila rasa sakit yang diderita sangat berlebihan, sebaiknya hubungi dokter.

Sumber: http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/2111694-cara-mengatasi-sakit-pinggang/#ixzz25w3oEmQJ


Artikel Terkait: