Jumat, 15 Maret 2013

cara install igos nusantara 8 dual boot dengan windows 7

hai sobat semua sekarang mari kita bicara sedikit tentnang linux. dimana linux sudah terkenal untuk membasmi virus yang bekerja di windows. namun sekarang pertanyaan yang muncul adalah : bagaiman cara menghilangkan ketergantungan kita dengan operating system berlogo jendela itu? kalau ingin tahu cara menghilangkan virus dengan linux baca disini

tips yang paling jitu adalah dengan menginstall dualboot atau dua os yang berada dalam satu hdd atau satu pc. dengan cara ini kita bisa sedikit sedikit mengurangi kegiatan kita di windows dengan belajar aplikasi yang ada di linux. dan mencari aplikasi yang ingin kita pasang sesaui dengan yang kita inginkan. untuk internetan sepertinya sudah sama menggunakan mozzila firefox dan google chrome atau chromium.

untuk office atau alat perkantoran mengetik itu akan sedikit bemasalah pasalnya di linux di sediakan denganopen office atau libre office. manfaat yang besar dari install linunx adalah kita hanya perlu satu kali dalam memasang software tersebut yakni hanya system saja selebihnya semua aplikasi untuk pemutar video, audio, internet, office, grafis ll sudah terpasang secara otomatis.
dual boot igos nusantara dan windows 8

bagaimana cara membuat dual os di netbook? yang harus di persiapkan adalah dua master os. yaitu linux dan windows. untuk linux saya contohkan menggunakan igos nusantara 8.1 yang mana ini adalah versi terbaru yang rilis pada tanggal 12-12-12. jadi untuk perankgat dan kernelnya sudah di perbaharui. sedangkan untuk windowsnya anda bisa piliuh windows xp atau windows 7. 

1.atur partisi dan back up data

langkah awal dari misi instalasi kali ini adalah back up data. jika itu memang akan di lakukan pada notebook atau pc yang sudah terdapat data didalamnya. hal ini di lakukan guna menghindari adanya losta data sehingga tida kada pihak yang di kecewakan, jika itu laptop sendiri tidak jadi masalah akan tetapi kalau itu adalah milik user maka akan bertambah lama proses recovery datanya. namun tak usah khawatir karena soba bisa baca recovery terbaik untuk data yang hilang sebagai antisipasi saja.

jika proses back up data sudha selesai maka kita akan mengatur partisi yang akan kita gunakan untuk wndows dan untuk linux. untuk ini kita bisa memkai gparted. bisa menggunakan versi free untuk windows juga bisa menggunaka gparted yang terdaoat dalam live dvd atau cd igos nusantara.

bisanya saya menggunakan urutan partisi sebagai berikut :
20 GB untuk system XP /  50 GB Windows 7 / 50 GB windows 8
swap di sesuaikan dengan besar RAM. untuk conr\toh saya karena RAMnya hanya 1 GB maka swap saya buat 2000 MB.
kemudian untuk pasrtisi root saya hanya menggunakan 10 GB saja. karena saya hanya untuk internetsaja kalau memakai igos. sedangkan untuk mempelajari software lainnya di linux belum ada waktu yang tepat.
sedangkan untuk data dan yang lainnya dari9 sizer hdd yang tersedia.

 2.  urutan isntall system operasi

 tidak ada ketentuan khusus untuk memulai proses pemasangan ke hdd. umumya urutan penginstallan adalah system berbasis windows kemudian baru disusul dengan open sourcenya. dan sedikit tips saja bahwa saat pembagian partisi sebaiknya semua partisi di format dengan NTFS selain untuk swap dan system linux biarkan masih unlocated space saja. ini di karenakan agar data dapat di lihat di windows maupun linux. jikasudah terlanjur membuat pasrtisi dengan system file FAT baca cara convert partisi FAT / FAT 32 to NTFS..

jika sudah di buat partisinya tinggal install system linuxnya gunaka live usb atau burning file iso dari repository yang sudah di download. janganl lupa untuk tidak merubah partisi dengan system file NTFSagar sintallasi system windowsnya tidak ada masalah serta lancara dalam install boot loadernya.

karena saya pernah mengalami install tidak membuat swap yang baru ternyata boot laoder gagal diinstall dan akhirnya igos nusantara mengalami grub rescue. tapi berkat bantuan dari teman teman saya bisa mengembalikan dengan cara berikut ini.

3. finishing

setelah semua os terinstall jika memang masih ada keperluan dengan system windowsnya tinggal lengkapi driver  driver yang di butuhkan guna mengoptimalkan kinerja dari pc, laptop / netbook yang di sisi dengan dua os.dan juga install software yang di butuhkan. kenapa hanya diwindows saja? karena seperti diawal saya tlis kalau di linux biasanya sudah terinstall dan hanya tinggal pakai saja. saran dari para master setelah install linuxsebaiknya settingh agar peformanya lebih mantab.

tanda dari instalsi dual os ini sberhasil adalah adanya grub loader, yaitu menu pilihan untuk menentukan mau ke linux atau ke windows kita login. cukup simple bukan? tidak se rumit yang ada dalam benak kita. jia terjadi erpmasalahn dengan grub saransaya lebih baik install ualgn mulai dari windowsnya kemudian di iringi dengan linuxnya agar boot loadernya bisa muncul kembali.

4. pengembalian data

ini khususnya bagi sobat yang tadi menyimpan cadangan data di hdd lain. sekarang kembalikan data ke hdd semual. akhirnya bisa menimati dan membandingkan lebih enak mana antara menggunakan open source dan os bajakan.

igos merupakan singkatan dari Indonesia Go Open Source nusantara. 

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA BERKOMENTAR DAN UNGKAPKAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL INI.

NO SARA
NO PORNOGRAFI
NO SPAM
NO LINK ON
NO LINK OFF

JANGAN LUPA UNTUK SELALU MEMBAGIKAN ARTIKEL INI KE JEJARING SOSIAL YANG ANDA SUKA YA :)