Rabu, 28 Agustus 2013

Cara Mengatasi Terlalu Banyak Ide



Terlalu Banyak Ide Itu Tidak Baik?

Saya pernah mendengar seorang motivator mengatakan kalau ide adalah uang. Artinya, terlalu banyak ide sama dengan terlalu banyak uang. Mau nggak Anda terlalu banyak uang? Jika tidak mau, silahkan kirimkan sebagian uang Anda ke saya, karena saya mau terlalu banyak uang.
Jika Anda bingung karena terlalu banyak uang, artinya cara mengelola uang itu yang tidak baik. Jika Anda terlalu banyak uang, ada satu hal yang bisa Anda lakukan, yaitu beramal atau berinfaq. Insya Allah akan menjadi bekal di akhirat dan Anda tidak kebanyakan uang lagi.
Artinya tidak masalah Anda kebanyakan uang, jika Anda bisa memanfaatkan uang itu dengan dikelola dengan baik dan diinfaqan kepada orang yang membutuhkannya. Jika Anda ikhlas, maka Anda akan mendapatkan manfaat besar dari kebanyakan uang. Pertanyaanya, adakah orang yang kebanyakan uang?

Sama halnya dengan kebanyakan ide, jika Anda bisa mengelola dan memanfaatkan ide Anda, maka kebanyakan ide bukanlah sebuah masalah lagi. Ide itu bermanfaat, bahkan ada yang mengibaratkan uang atau sesuatu yang bernilai. Jadi jangan khawatir dengan kebanyakan ide, manfaatkanlah dan kelola dengan baik.
Jika Anda memahami nilai ide, percayalah Anda akan memilih kebanyakan ide dari pada kekurangan ide. Tahukah Anda mengapa ide selalu digambarkan dengan lampu? Ya, karena ide adalah penerang jalan Anda, membuat usaha lebih mudah. Jika Anda tidak suka ide, artinya Anda belum memahami manfaat ide sebenarnya.

Terlalu Banyak Ide Bikin Bingung?

Berbagilah

Jika Anda merasa bingung karena terlalu banyak ide, artinya Anda belum bisa mengelola ide-ide tersebut. Cara paling mudah jika Anda kebanyakan ide adalah dengan membuang yang tidak berguna atau berbagi jika sekiranya berguna bagi orang lain. Banyak orang yang kekurangan ide, mereka mengalami kebingungan yang sama dengan Anda, maka berbagilah dengan mereka. Nanti ide Anda akan berkurang yang tidak lagi terlalu banyak ide.
Sekarang, zamannya social network, dimana Anda bisa berbagi ide dengan mudahnya. Berbagilah, mudah-mudahan orang lain mendapatkan manfaat dari ide-ide Anda. Anda bisa menulis blog dan buku untuk berbagi ide. Anda bisa dapat uang tuch! Ide memang bisa menghasilkan uang.

Terlalu Banyak Ide Bisa Diatasi Dengan Prioritas

Jika Anda memang terlalu banyak ide, maka prioritaskan mana ide yang akan Anda gunakan, ide yang Anda simpan, dan ide yang akan Anda buang. Caranya mudah, tuliskan ide-ide Anda pada buku atau file komputer supaya tidak hilang. Anda bisa mengevaluasinya satu minggu sekali, mana ide yang akan diaplikasikan, mana ide yang masih disimpan dan coret ide yang menurut Anda sudah tidak berguna lagi.
Ya, mungkin bingung, namun akan tambah bingung jika Anda tidak segera mengambil keputusan. Kuncinya ialah keberanian Anda untuk memutuskan mana yang akan Anda prioritaskan. Semakin berani, akan semakin banyak ide-ide yang bisa Anda singkirkan dan hanya tertinggal ide-ide yang berharga.
Dalam ebook saya, Revolusi Waktu Modul Produktif Tanpa Stress, ada sebuah metode yang bisa digunakan untuk mengelola informasi yang terlalu banyak. Nah, metode yang sama bisa diterapkan untuk mengelola ide Anda. Jika Anda memanfaatkan metode ini, Anda akan mendapatkan manfaat optimal dari ide Anda yang menumpuk tanpa harus stress atau bingung.

Ide Itu Cukup Satu Yang Penting Brilian?

Ya tentu saja, akan lebih baik jika kita punya satu ide tetapi ide tersebut benar-benar bermanfaat dan bisa diaplikasikan. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara kita menemukan ide brilian tersebut?
Dari pengalaman dan berbagai literatur yang pernah saya baca, salah satu cara mendapatkan ide terbaik atau ide brilian ialah dengan mendatangkan sebanyak mungkin ide terlebih dahulu. Jika kita hanya punya satu ide, apakah dijamin akan menjadi terbaik? Maka miliki banyak ide, kemudian evaluasi, sampai menemukan ide terbaik. Salah satu metode yang sering digunakan pada sesi kreatif dalam manajemen ialah dengan brain storming, dimana setiap orang di tim diminta untuk memberikan ide sebanyak mungkin.
Begitu juga dengan designer dan fotografer, mereka mencoba banyak ide untuk menghasilkan ide yang terbaik. Fotografer mencoba berbagai ide pengambilan gambar dengan berbagai sudut pengambilan dan berbagai momen. Kadang yang digunakan hanya satu foto. Begitu dengan designer yang mencoba ide-ide layout, ide-ide huruf, ide-ide warna, ide-ide kombinasi, dan sebagainya untuk mendapatkan karya terbaik.
Jadi untuk mendapatkan satu ide brilian, seringkali harus melewati banyak ide dulu.

Bahaya Hanya Punya Satu Ide

Jika Anda hanya punya atau mengetahui satu ide saja, kemudian gagal dalam mengaplikasikannya, maka kebanyakan orang akan menyerah karena BINGUNG mau melakukan apa lagi. Berbeda dengan yang banyak ide, dia bisa mencoba ide yang lain, mencoba lagi ide lain, dan seterusnya hingga di tidak mudah menyerah. Kecuali jika Anda cukup kreatif untuk menghasilkan ide baru.

Kesimpulan

Terlalu banyak ide itu bukanlah sebuah masalah, yang bermasalah adalah saat Anda tidak bisa mengelola dan mengevaluasi ide-ide yang Anda miliki.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA BERKOMENTAR DAN UNGKAPKAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL INI.

NO SARA
NO PORNOGRAFI
NO SPAM
NO LINK ON
NO LINK OFF

JANGAN LUPA UNTUK SELALU MEMBAGIKAN ARTIKEL INI KE JEJARING SOSIAL YANG ANDA SUKA YA :)