Rabu, 28 Agustus 2013

Kenali Berbagai Gangguan Kejiwaan Ini


Gangguan kejiwaan bisa saja dialami semua orang. Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan jiwa baik dari faktor intern maupun ekstern. Berikut ini beberapa jenis gangguan jiwa yang patut Anda waspadai.

Obsesif-Compulsive Disorder
Penderita gangguan ini tidak mampu mengatur pikiran dari hal-hal yang menjadi obsesi dan berkeinginan untuk mengulangi perbuatan terus menerus. Ketidakmampuan mengontrol pikirannya dapat meningkatkan kecemasan penderita. Contohnya, mencuci tangan berulang-ulang atau memastikan pintu terkunci dengan memeriksanya berulang-ulang.
Factitious Disorder
Seseorang yang menderita penyakit ini biasanya akan bersikap berlebihan atau berpura-pura menderita sekali agar mendapat perhatin dari orang lain. Misalnya, seseorang akan berpura-pura sakit demi mendapatkan perhatian orang lain. Bahkan penderita gangguan jiwa ini bisa melakukan tindakan yang ekstrim dengan melukai dirinya sendiri hingga sakit agar diperhatikan orang lain.
Gamomania
Gangguan jiwa ini tergolong aneh karena penderitanya sering mengajukan pernikahan. Penderita cenderung terobsesi dengan mengajak menikah kepada orang-orang yang berbeda dalam waktu yang bersamaan. Dalam banyak kasus, gamomania biasanya dapat memicu terjadinya kasus poligami.
Aboulomania
Apakah Anda termasuk orang yang sulit untuk mengambil keputusan? Jika ya, bisa jadi Anda mengidap aboulomania, atau suatu gejala, atau kondisi dimana seseorang selalu merasa kesulitan ketika hendak mengambil keputusan. Bahkan, untuk hal sederhana sekalipun.
Antisocial Personality Disorder
Gangguan jiwa ini juga biasa disebut psikopat atau sosiopat dan kerap dihubungkan dengan perilaku kriminal serta penylahgunaan obat. Penderita cenderung bersikap tidak peduli dengan perasaan orang lain, ugal-ugalan, sadis, tidak bertanggung jawab, tidak peduli terhadap norma, peraturan, kewajiban, dan mudah bertindak agresif.



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA BERKOMENTAR DAN UNGKAPKAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL INI.

NO SARA
NO PORNOGRAFI
NO SPAM
NO LINK ON
NO LINK OFF

JANGAN LUPA UNTUK SELALU MEMBAGIKAN ARTIKEL INI KE JEJARING SOSIAL YANG ANDA SUKA YA :)