Minggu, 01 September 2013

Hati-Hati, Gatal Gejala Awal Mikosis Fungoides!

Mikosis Fungoides merupakan jenis limfoma non-Hodgkin yang jarang terjadi, berasal dari sel limfosit T yang matang dan menyerang kulit, memiliki sifat menetap, perkembangannya lambat, dapat menyebar ke kelenjar getah bening dan organ dalam.

Gejala
Mikosis Fungoides perkembangannya lambat dan awalnya sangat ringan sehingga tidak terlalu kentara bila terjadi kelainan. Setelah itu muncul gejala seperti:
  • Ruam kulit gatal yang menetap
  • Terkadang terjadi penebalan kulit yang kecil dan gatal
  • Kemudian berkembang menjadi benjolan dan menyebar secara perlahan
Pada beberapa penderita, mikosis fungoides dapat berkembang menjadi leukemia, yakni ditemukannya limfosit abnormal dalam aliran darah. Kemudian kulit terasa makin gatal, kemerahan, kering, dan mengelupas.
Diagnosa
Untuk mendiagnosis mikosis fungoides pada stadium awal agak sulit, meski sudah dilakukan biopsi. Namun, pada stadium lanjut, biopsi dapat menunjukkan adanya sel limfoma dalam kulit.
Kebanyakan penderita sudah berusia 50 tahun saat penyakitnya terdiagnosis. Bahkan tanpa adanya pengobatan, harapan hidup penderita mencapai 7-10 tahun.
Pengobatan
Penebalan pada kulit diobati dengan suatu bentuk penyinaran yang disebut sinar beta atau dengan sinar matahari dan obat steroid yang menyerupai kortison. Nitrogen mustard dapat dioleskan langsung ke kulit untuk mengurangi gatal dan ukuran daerah yang terkena. Untuk mengurangi gejala juga bisa menggunakan obat interferon. Bila penyakit sudah menyebar ke kelenjar getah bening dan organ lain maka diperlukan kemoterapi.




Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA BERKOMENTAR DAN UNGKAPKAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL INI.

NO SARA
NO PORNOGRAFI
NO SPAM
NO LINK ON
NO LINK OFF

JANGAN LUPA UNTUK SELALU MEMBAGIKAN ARTIKEL INI KE JEJARING SOSIAL YANG ANDA SUKA YA :)