Minggu, 01 September 2013

Lupa Ingatan Akibat Faktor Psikologis


Amnesia disosiatif merupakan ketidakmampuan untuk mengingat sesuatu dengan detail baik mengenai identitas diri sendiri ataupun pengalaman yang berhubungan dengan peristiwa traumatis dan sangat menekan.
Hilangnya memori ini tidak disebabkan oleh disfungsi otak yang disebabkan kerusakan otak atau akibat obat-obatan. Kondisi ini juga bukan seperti lupa pada umumnya.
Penderita amnesia disosiatif umumnya memberikan gambaran tentang sebuah rentang atau rangkaian dalam ingatan mereka mengenai kejadian bermasalah di masa lalu atau bagian-bagian kehidupan mereka.
Ada empat bentuk amnesia disosiatif yang berkaitan dengan lingkungan tempat seseorang kehilangan ingatannya.

1. Localized Amnesia, yakni kondisi seseorang yang lupa akan semua peristiwa yang dialami selama interval waktu tertentu. Biasanya interval waktu ini diikuti dengan cepat oleh kejadian yang sangat mengganggu, seperti kecelakaan mobil, kebakaran atau bencana alam.
2. Selevtive Amnesia, yakni kegagalan seseorang mengingat kembali beberapa hal dengan detail dari peristiwa-peristiwa yang terjadi selama periode waktu tersebut. Misalnya, seseorang yang selamat dari kebakaran bisa ingat ketika ambulans membawanya ke rumah sakit. Namun, ia tidak bisa mengingat apapun ketika selamat dari dari tragedi kebakaran yang dialaminya.
3. Generalized Amnesia merupakan sindrom saat seseorang tidak dapat mengingat sebagian hal dalam kehidupannya. Continous Amnesia mencakup kegagalan untuk mengingat kembali kejadian khusus dan mencakup waktu saat itu.
Amnesia disosiatif sangat sulit didiagnosa karena ada berbagai faktor yang memungkinkan seseorang kehilangan ingatannya. Amnesia bisa saja disebabkan oleh penyalahgunaan zat psikoaktif, disfungsi fisik yang mengakibatkan luka otak, atau epilepsi.
Selain itu, gangguan psikologis dengan gejala yang menyebabkan individu menjadi lupa. Misalnya seseorang yang mengalami katatonik tidak mengomunikasikan sesuatu saat ditanya, mungkin lupa, mungkin kehilangan beberapa informasi mengenai masa lalunya.
Karakteristik Diagnostik
1. Orang dengan gangguan ini mengalami satu atau lebih episode yang mereka membuat tidak dapat untuk mengingat kembali informasi pribadi yang penting. Biasanya terjadi pada sebuah situasi lingkungan yang traumatis atau penuh tekanan. Secara umum hal ini tampak seperti lupa.
2. Gangguan ini tidak berlangsung sebagai hasil dari gangguan mental lainnya, penggunaan substansi, atau kondisi pengobatan atau neurologis.
3. Gejala-gejala ini menyebabkan distress yang signifikan atau kondisi yang lemah.



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA BERKOMENTAR DAN UNGKAPKAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL INI.

NO SARA
NO PORNOGRAFI
NO SPAM
NO LINK ON
NO LINK OFF

JANGAN LUPA UNTUK SELALU MEMBAGIKAN ARTIKEL INI KE JEJARING SOSIAL YANG ANDA SUKA YA :)