Selasa, 07 Mei 2013

Cara Mengolah Daun Sirsak Menjadi Obat


Cara Mengolah Daun Sirsak Menjadi Obat - Penemuan senyawa Cytotoxic pada daun sirsak yang mampu menghambat hingga membunuh sel-sel tubuh yang mengalami pertumbuhan tidak normal telah membuat daun sirsak menjadi salah satu obat yang dipercaya dapat mengobati penyakit kanker. 

Meski sebagian pendapat para medis telah mengemukakan bahwa penyembuhan kanker tidak terlalu efektif bila hanya mengkonsumsi obat dari daun sirsak, tetapi masih sangat besar minat masyarakat untuk menjadikan daun sirsak sebagai obat tradisional untuk penyakit kanker.

Cara Mengolah Daun Sirsak Menjadi Obat

Bagaimana sebenarnya cara mengolah daun sirsak menjadi obat, khususnya untuk mengatasi penyakit kanker? Menurut pernyataan ahli budidaya tanaman sirsak dari Taman Wisata Mekarsari, Stefanus dan Darmawan Tri Wibowo seperti yang dikutip dari Okezone.com, menyebutkan bahwa ada 3 cara mengolah daun sirsak menjadi obat, diantaranya adalah sebagai berikut:

cara mengolah daun sirsak menjadi obat kanker

1. Cara pertama adalah dengan memanfaatkan daun sirsak kering antara 10-15 lembar yang kemudian direbus dengan 2 gelas air, hingga tersisa menjadi 1 gelas rebusan. Adapun proses perebusan dilakukan dalam waktu 1 hingga 1,5 jam. Perlu juga diketahui bahwa proses pengeringan daun sirsak sebaiknya dilakukan bukan dibawah sinar terik matahari, karena hal ini dikhawatirkan akan merusak senyawa yang terdalam didalam daun sirsak.

2. Cara mengolah daun sirsak untuk pengobatan kanker yang kedua dapat dilakukan dengan merebus 10-15 lembar daun sirsak basah dengan 3 gelas air, hingga tersisa 1 gelas air rebusan. Pada saat merebus sebaiknya menggunakan kendi atau panci yang terbuat dari tanah liat agar kemurnian zat yang ada pada daun sirsak tetap terjaga. Air rebusan diminum selagi hangat setiap hari,  pagi atau sore hari selama 3-4 pekan.

3. Sementara cara ketiga mengolah daun sirsak menjadi obat kanker dapat dilakukan dengan memblender 3-5 lembar daun sirsak basah dengan menambahkan 1/4 gelas air (50 cc) air hangat untuk membantu proses penghancuran. Sebelum diblender, daun sebaiknya dipotong menjadi 3-4 bagian agar lebih cepat hancur. Setelah hancur, masukkan daun ke wadah dengan penutup rapat, lalu tambahkan 1 gelas air panas ke dalamnya dan aduk sampai rata.

Tutup wadah dengan rapat agar panas tetap terjaga dan proses ekstraksi senyawa dapat maksimal. Biarkan selama 15-20 menit, setelah itu saring olahan untuk diambil airnya dan minum selagi hangat.

Bila tidak ada blender, pengolahan daun sirsak bisa juga dengan cara digerus menggunakan cobek dengan teknik pengolahan yang sama dengan cara diblender.

Demikianlah berbagai cara mengolah daun sirsak menjadi obat, khususnya untuk pengobatan penyakit kanker. Baca juga tulisan terkait tentang obat-obatan di blog Berita Terhangat, yaitu artikel tentang Obat Sakit Gigi Tradisional. Semoga bermanfaat...


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA BERKOMENTAR DAN UNGKAPKAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL INI.

NO SARA
NO PORNOGRAFI
NO SPAM
NO LINK ON
NO LINK OFF

JANGAN LUPA UNTUK SELALU MEMBAGIKAN ARTIKEL INI KE JEJARING SOSIAL YANG ANDA SUKA YA :)