Senin, 26 November 2012

Pisang Kepok terserang Penyakit Darah


Sudah lama menunggu Pisang Kepok yang tumbuh di halaman belakang rumah, dengan semangat saya menebang Pisang Kepok dan mengambil satu tandan. Melihat penampilan pisang yang tidak sempurna seperti kempes pada buah, daun menampakan gejala kuning, batang pisang agak kurus, daun muda tumbuh layu.


Pisang kepok saya iris melintang, wow ternyata terserang penyakit darah, coba perhatian  penampilan gambar pisang berikut :





Kalau kita cari pustaka tentang gejala pisang yang terserang penyakit darah adalah :

TANDA SERANGAN

Penyakit Darah Pisang (Pseudomonas solanacearum) kebanyakan mulai
menunjukkan tanda serangan pada tanaman yang sudah berbuah, sedang pada
tanaman yang masih muda belum menampakkan tanda serangan yang jelas.

  1. Pada tanaman dewasa (tanaman pisang yang sudah berbuah) tanda serangan dapat dilihat pada daun ketiga atau keempat dari atas (pucuk yang mulai menguning serta disusul dengan daun berikutnya lalu  mengering. Akibat dari semua daun menguning, maka pertumbuhan buah tidak sempurna.
  2. Apabila buah-buah pisang tersebut di potong atau di belah terliha adanya cairan atau getah kental berwarna coklat kemerahan yang berbau busuk.
  3. Pada bagian dalam bungkul dan batang pisang yang sudah terken penyakit, apabila dipotong bagian tengah terlihat bintik-bintik berwarna coklat kemerahan. Akhirnya berlanjut tanaman pisang akan menjad kering dan mati.


Artikel Terkait: