Sabtu, 27 Oktober 2012

jenis jenis Tulang Manusia






Dalam materi kali ini kita akan mengenal macam-macam tulang manusia, tapi sebelumnya kita terlebih dahulu akan mengenal bentuk tulang manusia. Semoga pembahasan yang singkat ini dapat memberikan informasi tambahan bagi kita tentang tulang manusia.

Bentuk Tulang Manusia
  1. Tulang pipa (tulang panjang). Contoh: tulang paha, tulang betis 
  2. Tulang pendek. Contoh: tulang telapak tangan
  3. Tulang pipih. Contoh: tulang belikat, tulang rusuk
Macam-Macam Tulang
  1. Berdasarkan jenisnya, tulang dibedakan menjadi: tulang rawan (kartilago) dan tulang keras. 
  2. Berdasarkan struktur tulangnya, tulang dapat dibedakan menjadi: tulang kompak dan tulang spons.
  3. Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi: tulang pipa, tulang pipih, tulang pendek.
1. Tulang Keras atau Tulang Sejati (Osteon)
Tulang merupakan jaringan pengikat yang tersusun oleh sel tulang (osteoblas) yang menghasilkan matriks yang mengandung endapan zat kapur, sehingga matriksnya menjadi lebih keras dibanding dengan tulang rawan. Berdasarkan matriksnya, tulang keras dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu tulang kompak dan tulang spons.
 
a. Tulang kompak
Matriks tersusun rapat dan padat, mengandung senyawa kapur dan fosfat. Pada tulang ini sel-sel tulang tersusun membentuk suatu sistem yang disebut sistem Havers. Di bagian tengah tulang terdapat saluran yang berisi pembuluh darah, pembuluh limfe, dan saraf, dan di sekeliling saluran terdapat lapisan sel tulang yang tersusun konsentris. Contoh: tulang pipa.
 




b. Tulang spons
Matriks berongga tersusun atas anyaman trabeculae (semacam pecahan genting) yang pipih dan mengandung serabut kolagen. Ronggarongga yang ada pada tulang spons diisi oleh jaringan.
 
2. Tulang Rawan (Kartilago)
Sel tulang rawan disebut kondrosit, yang dibentuk oleh kondroblas. Kartilago dapat dibedakan menjadi 3, yaitu :
  • Kartilago hialin : matriks transparan, serabut kolagen, bersifat lentur. Contoh: pada permukaan persendian, laring, trakea, bronki, rangka janin, ujung tulang rusuk.
  • Kartilago elastis : matriks kekuningan, serabut elastis kuning bersifat elastis. Contoh: pada daun telinga membran niktitans, saluran eustachius, epiglotis dan faring.
  • Kartilago fibrosa : matriks keruh dan gelap, serabut kolagen putih bersifat kokoh dan kuat. Contoh: pada tempat pertautan tendon atau ligamentum pada tulang dekat permukaan persendian, tulang di antara tulang kemaluan, dan di antara tulang belakang.
Anda sedang membaca artikel tentang Macam-macam Tulang Manusia, kami sadar artikelMacam-macam Tulang Manusia masi banyak kekurangan. Besar harapan kami semoga artikel iniMacam-macam Tulang Manusia dapat memberikan manfaat bagi kita semua



Artikel Terkait:

Pesan Untuk Pengunjung

Jangan lupa sholat, beramal sholeh, dan zakat - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - Ilmu tidak bisa di dapat dengan badan yang santai

link otomatis