Minggu, 15 September 2013

Debu Kapas Bisa Membayakan Paru-Paru

Pernahkah Anda batuk saat tak sengaja menghirup debu kapas? Batuk bisa saja menjadi reaksi awal saat Anda menghirup kapas. Tapi, jika terlalu sering menghirup debu kapas akibat tuntutan pekerjaan maka bisa jadi Anda mengalami bissinosis.
Bissinosis merupakan penyakit paru-paru yang diakibatkan terlalu sering menghirup debu kapas atau debu serat tanaman lain seperti rami.

Penyebab
Bissinosis umumnya terjadi pada orang-orang yang bekerja dengan kapas yang belum diolah. Pekerja yang mengolah rami juga kemungkinan akan menderita penyakit ini. Pekerja yang rawan mengalami penyakit ini adalah orang yang bekerja membuka karung kapas mentah atau bekerja pada tahap awal pemrosesan kapas. Merokok bisa mengakibatkan risiko terkena penyakit ini.
Gejala
Pada penderita ditemukan beberapa kondisi berikut:
  • Batuk
  • Mengi
  • Dada terasa sesak
  • Gejala memburuk pada hari kerja
  • Gejala membaik bila penderita jauh dari tempatnya bekerja
Pengobatan
Pengobatan yang terpenting adalah menghilangkan sumber pemaparan dari bahan penyebabnya. Untuk meringankan gejala, biasanya diberikan bronkodilator, baik dalam bentuk hirup (albuterol) maupun tablet (theophylline). Pada kasus yang berat bisa diberikan corticosteroid. Selain itu, menghentikan kebiasaan merokok juga bisa mengurangi risiko penyakit ini. Bila penyakitnya menahun maka perlu diberikan terapi pernapasan berupa drainase postural dan nebulizer. Bila kadar oksigen dalam darah rendah, bisa juga diberikan terapi oksigen.
Pencegahan
Bissinosis bisa dicegah dengan cara mengurangi kadar debu di dalam pabrik pengolahan tekstil melalui perbaikan mesin atau sirkulasi udara.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA BERKOMENTAR DAN UNGKAPKAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL INI.

NO SARA
NO PORNOGRAFI
NO SPAM
NO LINK ON
NO LINK OFF

JANGAN LUPA UNTUK SELALU MEMBAGIKAN ARTIKEL INI KE JEJARING SOSIAL YANG ANDA SUKA YA :)